Dorong Petugas PSBB, Habib Umar Assegaf Dilaporkan ke Polisi

Habib Umar Assegaf Dilaporkan ke Polisi

PrimaBerita – Seorang Habib di Jawa Timur harus berurusan dengan kepolisian. Habib Umar Assegaf dilaporkan ke polisi. Ia dilaporkan karena pada saat melanggar PSBB, Ia melawan petugas dan tidak terima disuruh putar balik.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan proses penyelidikan sedang dilakukan. Yang pertama cek nopol kendaraan yang ada di dalam video. Kemudian petugas yang ada pada saat itu akan dimintai keterangan. Baik aparat kepolisian, TNI, Satpol PP hingga petugas dishub,” kata Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (21/5/2020).

Selain itu, pihaknya juga akan memverifikasi video yang viral di media sosial tersebut, guna memastikan keasliannya, apakah ada yang dipotong.

Sementara Kasatpol PP Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, Habib Umar Assegaf dilaporkan ke polisi bukan atas nama Satpol PP. Melainkan petugas gabungan. Sebab, di video itu tampak Habib Umar Assegaf sempat bersitegang dan saling mendorong dengan salah satu petugas Satpol PP.

Eddy kemudian menjelaskan soal pelanggaran yang dilakukan Habib Umar terkait PSBB. Yakni soal aturan penggunaan wajib masker dan jumlah maksimal penumpang dalam sebuah mobil.

“Petugas memberi solusi, 2 orang turun, nanti yang 2 orang diantar petugas. Tetapi mereka marah-marah merasa tersinggung,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, video Habib Umar memarahi hingga mendorong petugas PSBB Surabaya viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (20/5) sore.

Peristiwa itu terjadi di pos check point exit Tol Satelit, Surabaya. Petugas PSBB menghentikan kendaraan Toyota Camry dengan Nopol N 1 B dari arah Malang yang akan masuk Kota Surabaya.

Namun karena sang sopir tidak mengenakan masker, dan jumlah penumpang mobil melebihi kapasitas, kendaraan tersebut diminta putar balik.

Sang habib tersebut lalu turun dari mobil dan memarahi hingga mendorong petugas. Puncaknya, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan itu nyaris adu pukul dengan petugas Satpol PP.

Add a Comment