Bersiaplah, Besok Bencana Alam Besar Akan Melanda Bumi

Bersiaplah, Besok Bencana Alam Besar Akan Melanda Bumi

PrimaBerita – Suatu hal yang terbilang mengejutkan, Organisasi Meteorologi Dunia PBB memaparkan bahwa besok, 20 mei 2020 sebuah bencana alam besar akan melanda bumi.

Disebut WMO, bencana alam tersebut akan melanda sejumlah negara di dunia. Negara-negara tersebut seperti Bangladesh dan India. Bakalan ada angin badai super siklon di sana.

Badai super siklon ini merupakan perubahan wujud dari topan tropis Amphan dimana hingga kini angin topan semakin intensif terjadi di teluk Benggala. Badai ini kekuatannya bertaraf dengan kategori 5.

“Kategori 5 yang kuat pada Skala Saffir Simpson,” tulis WMO melalui situs resminya, 19 mei 2020.

Terkait kabar bencana alam besar yang disebut akan melanda bumi. Melansir dari sebuah sumber, WMO memperkirakan badai super siklon akan mengguyur rabu esok, 20/05/2020.

Sebagai informasi, badai siklon tersebut merupakan salah satu badai dengan kategori sangat parah, yakni kategori 3.

“Membawa angin berbahaya, gelombang badai, dan banjir ke daerah pesisir Benggala Barat di India dan Bangladesh,” ujar WMO.

Yang paling mengerikannya, badai super siklon Amphan ini berada dalam jalur wilayah padat penduduk.

Lihat Juga: Bahaya Bumi Jika Matahari Juga Ikut Memasuki Periode Lockdown

“Pada saat pembatasan karena pandemi covid-19 mempersulit manajemen bencana dan membuatnya lebih diperlukan daripada sebelumnya,” kata WMO lagi.

Oleh karena itu, departemen meteorologi India di New Delhi memperingati gelombang badai sekitar 4 hingga 5 meter di atas gelombang astronomi. Yang mana kemungkinan akan menggenangi daerah dataran rendah Benggala Barat selama proses pendaratan. Bagi Bangladesh sendiri yaitu sekitar tiga sampai empat meter.

Pendaratan Amphan dilakukan dengan kecepatan angin berkelanjutan maksimum yakni 155 sampai 165 km/jam. Dan angin bertiup hingga 185 km/jam.

Pihak yang berwenang baik di negara India maupun Bangladesh telah memobilisasi  kebijakan manajemen bencana guna mencoba memastikan bahwa korban terbatas.

Pun demikian terkait laporan resmi apakah bencana besar badai siklon super Amphan bakal berpengaruh juga terhadap kondisi cuaca di negara Indonesia masih belum diketahui.

Add a Comment