Suara Dentuman di Jakarta Hingga Bogor Dini Hari Mampu Menggetarkan Jendela

Suara Dentuman Jakarta Bogor Dini Hari

PrimaBerita – Suara dentuman terdengar dini hari ini di Jakarta hingga Bogor dan masih menjadi sebuah misteri. Letusan terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB. Suara dentuman terdengar beberapa kali di Jakarta dan Bogor dini hari dengan selang waktu. Suara dentuman itu menggetarkan jendela dan daun pintu yang terkunci.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) menyatakan suara dentuman yang terdengar dini hari ini tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau.

“Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran,” kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Hendra, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan Gunung Anak Krakatau ini dinilai Hendra relative kecil.

“Saya sudah cek ke Pos Penganatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut),” jelas Hendra.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, mengatakan pihaknya belum mengetahui sumber suara dentuman itu.

“Kami juga belum tahu, barangkali dari sumber lain,” kata Kasbani, Sabtu (11/4/2020).

Kasbani menduga suara dentuman itu berasal dari sumber lain. Namun, ia menyatakan aktivitas gunung di sekitar Bogor masih normal.

“Gunung Salak dan Gunung Gede statusnya masih nornal. Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan,” jelasnya.

Kasbani juga memastikan suara dentuman itu bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau malam tadi. Menurutnya, tak terdengar suara dentuman di pos pantau Anak Krakatau di Pantai Carita, Banten.

“Memang betul suara dentuman itu tidak terdengar di Pos Pengamatan yang di Pasauran, Pantai Carita,” ujar Kasbani.

Add a Comment