Pandemi Corona, Ilmuwan Antartika Tidak Tersentuh Virus Corona?

ilmuwan antartika tidak tersentuh virus corona

PrimaBerita – Meski virus corona (covid-19) telah menginfeksi lebih dari dua juta orang di dunia, ilmuwan di Antartika rupanya tidak tersentuh virus corona disebuah tempat.

Tempat tersebut berada disebuah pulau kecil daerah pantai lepas Antartika. Di sana terdapat sebuah stasiun penelitian bernama stasiun Davis yang dihuni sebanyak 24 orang selama musim dingin. Mereka menghabiskan sejumlah waktu untuk melakukan penelitian di sana dan juga menghitung populasi burung penguin.

Mereka melakukan pengamatan terhadap atmosfer setiap tahunnya. Selain itu para peneliti juga memperbaiki kamera burung laut sembari melihat sang surya terbenam.

Walau ilmuwan antartika tidak atau belum tersentuh virus corona, pimpinan peneliti di stasiun Davis, David Knoff tetap saja mengkhawatirkan keadaan mereka semua ditengah-tengah wabah corona yang kian menginfeksi.

“Ini waktu yang mengkhawatirkan bagi kita semua di Antartika,” ucap Knoff (16/04/2020).

Namun tak hanya mereka saja yang merasakan suasana yang berbeda ditengah pandemi virus corona. Para astronout pun terpaksa harus tetap berada/tinggal di stasiun luar angkasa internasional.

Meski kekhawatiran mereka demikian, kekacauan yang diakibatkan virus corona yang mewabah ke penjuru dunia rupanya belum benar-benar dirasakan para peneliti sebelumnya. Bahkan mereka mengatakan saat musim panaslah akan dirasa paling berat.

“Dampak covid-19 pada penelitian ilmiah di sini mungkin akan terasa paling berat saat musim panas mendatang,” kata salah satu ilmuwan stasiun Davis.

COBA LIHAT: Dampak Buruk dan Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Dyer yang merupakan salah satu ilmuwan di Davis Station, mengungkapkan sejumlah proyek musim panas harus ditangguhkan dahulu. Karena dianggapnya mustahil untuk mengirim beberapa ilmuwan serta peralatan yang mereka butuhkan.

Pasalnya setiap musim panas, beberapa ilmuwan lintas ilmu akan melakukan perjalanan ke benua beku.

Add a Comment