Orang Pendek Rawan Terkena Diabetes Tipe-2?

Orang Pendek Rawan Terkena Diabetes Tipe-2

PrimaBerita – Sesungguhnya orang yang terkena diabetes adalah orang yang sering mengabaikan pola hidup sehat. Bahkan urusan makanan sekalipun. Dan biasanya penyakit diabetes ini jika tidak dikontrol secara intensif maka bisa menimbulkan sejumlah bahaya dari gangguan organ tubuh hingga kematian.

BACA JUGA: Ketahui Prosedur dan Resiko Pasang Ring Jantung

Namun belakangan hasil penelitian menyatakan bahwa orang yang memiliki tinggi badan rendah beresiko terkena diabetes tipe-2. Oleh karenanya, pada saat terkena diabetes melitus tipe-2 tubuh akan sulit bahkan menolak insulin.

Dalam jurnal Diabetologia disebut bahwa peneliti meneliti sebanyak 2500 pria dan wanita paruh baya di Jerman, Eropa. Mereka mengelompokkan sesuai gaya hidup, usia, lingkaran pinggang, hingga tinggi badan. Kesimpulannya yakni orang yang berpostur tubuh menjulang memiliki resiko lebih rendah terserang diabetes.

Adapun tinggi partisipan pria yang dianalisis mulai tinggi 169,70 cm sampai 180,30 cm. Sedangkan bagi wanita tinggi badan mulai dari 157,80 cm hingga 168,10 cm. Studi menyatakan perbedaan postur tinggi badan per 10 cm lebih rendah 30% resiko diabetesnya.

Dilansir dari CNN melalui surel, hubungan antara tinggi badan dengan diabetes berasal dari kadar lemak hati. Selain itu disebutkan dari faktor lainnya. Jika tinggi badan lebih tinggi maka kadar lemak hati akan lebih rendah.

Maka dari hasil studi dan penelitian ini menyarakan supaya orang-orang yang bertubuh pendek selalu memperhatikan kesehatannya, utamanya terkait penyakit diabetes. Karena diabetes melitus juga dianggap sebagai penyakit yang serius. Meski begitu, bukan berarti orang yang bertubuh pendek ditakdirkan akan terserang diabetes tipe-2.

BACA JUGA: Para Lansia, Kenali 3F Jika Tak Mau Terserang Osteoporosis

Disebutkan lemak hati juga berkontribusi besar terhadap penyakit kardiovaskular lainnya. Jadi disarankan juga untuk melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Gejala yang paling umum dari penyakit diabetes melitus tipe-2 ini yaitu:

  • haus secara berlebihan
  • selalu buang air kecil
  • meliputi rasa lelah yang berlebih
  • penurunan timbangan badan
  • mata menjadi kurang tajam (kabur)
  • ada bagian tubuh yang menghitam

Add a Comment