Makna Dibalik Telur Paskah yang Dilakukan Oleh Umat Kristiani

Makna Dibalik Telur Paskah yang Dilakukan Oleh Umat Kristiani

PrimaBerita – Apakah anda mengetahui makna dibalik telur paskah yang setiap tahun dilakukan oleh umat Kristiani dimanapun berada?

Khususnya anak-anak, kegiatan telur paskah merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan dan wajib dilaksanakan setiap tahunnya.

Sebab kegiatan telur paskah sangat beragam, misalnya mencari telur paskah yang sudah disembunyikan sebelumnya, mewarnai telur paskah, serta membagi-bagikan telur paskah.

Sebenarnya ada banyak kisah dan sejarah yang mengulas tentang kemunculan telur paskah itu sendiri. Ada sejarah mengatakan telur paskah dari Raja Edward I (1307).

Dimana sang raja meminta pelayannya untuk merebuskan sejumlah empat ratus lima puluh butir telur untuk dibagikan kepada setiap anggota keluarga kerajaan. Tak dibiarkan begitu saja, telur-telur diberi warna supaya menarik.

Namun beberapa lainnya menyebutkan bermula dari permen berbentuk telur pada saat momen paskah.

Pada sisi lain, sejumlah negara yang secara khusus mewarnai telur dengan warna merah adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap darah Yesus.

Namun hari raya paskah yang jatuh hari ini (12/4) rupanya cukup membuat sejumlah umat Kristiani lumayan bersedih lantaran wabah virus corona.

Banyak gereja-gereja yang ditutup/diberhentikan sementara. Akibatnya umat Kristiani terpaksa melangsung ibadah di rumah masing-masing.

Mekipun demikian, yang paling utama adalah makna paskah itu sendiri tidak boleh dilupakan. Kita diajak untuk mengenang sengsara Yesus Kristus memikul salib demi menebus dosa umat manusia.

Lantas apa hubungannya dengan telur paskah?

Mulanya, telur paskah berasal dari tradisi kesuburan kaum Indo-Eropa yang mana telur adalah simbol musim semi. Bahkan orang-orang Persia saling menghadiahkan telur saat perayaan musim semi.

Hingga seiring berjalannya waktu, alhasil membagikan telur tepat pada hari raya paskah telah dilakukan oleh gereja-gereja.

Meski demikian yang perlu diketahui yakni makna telur paskah itu sendiri. Makna telur paskah sangat religius bagi Kekristenan sebab telur dianggap menjadi simbol makam batu.

Yang mana Yesus Kristus telah keluar menyongsong hidup baru melalui peristiwa kebangkitan-Nya. Istilah telur paskah lainnya dianggap sebagai kelahiran baru dan pengorbanan yang membawa kebahagiaan.

Add a Comment