Makan-Makanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Dicoba

makanan tradisional yang wajib dicoba

PrimaBerita-Makanan Tradisional Indonesia sangat beragam. Karena  makanan Indonesia memiliki cita rasa yang  unik dan berbeda. Setiap kota di Indonesia memiliki makanan tradisional yang wajib dicoba. Karena makanan tradisional menggunakan bahan dan bumbu-bumbu rempah yang khas.

 Berikut 10 Makanan Tradisional Indonesia Yang wajib Dicoba :

  1. Getuk

Getuk banyak di jumpai di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Getuk terbuat dari singkong yang di rebus  kemudian dihaluskan dan bisa diberi varian warna.

2.Lumpia

Kulit lumpia terbuat dari lapisan gandum. Lumpia berisi sayuran ataupun daging dan ayam. Lumpia memiliki dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

3,Tempe Bacem

Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan parutan kelapa dan garam. Kemudian bahan tersebut dikukus dan kemudian dicampur dan dihaluskan.

4.Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan kuliner tradisional dari Pati, Jawa Tengah. Rasa nasi  gandul yang gurih    dicampur dengan kuah serta lauk berupa daging sapi yang sudah di olah. Nasi gandul disajikan dengan daun pisang.

5.Rujak Cingur

Di Jawa Timur ada masakan tradisional Jawa yang bernama rujak cingur. Rujak cingur ini disajikan dengan irisan moncong sapi yang direbus. Kemudian di campur dengan buah buahan, tempe, lontong damn sayur-sayuran. Kemudain disiram  dengan bumbu kacang tanah.

6.Pecel

Pecel adalah salah satu kuliner yang hampir di jumpai di beberapa daerah. Pecel dapat dinikmati baik serapan , makan siang, ataupun makan malam.

7.Rawon

Rawon bisa jadi pilihan kulinermu ketika di Surabaya. Rawon terdiri dari irisan daging sapi, kuah hitam, serta kecambah merah yang membuat rasanya lebih nikmat. Biasanya disajikan bersama nasi putih hangat.

8.Nasi Liwet

Di Solo memiliki makanan tradisional nasi liwet. Nasi liwet biasanya disajikan dengan potongan ayam dan dipadukan dengan sayur labu siam.

9.Gudeg

Hampir di setiap sudut kota Yogyakarta, kamu dapat menumakan makanan yang bercita rasa manis ini.  Gudeg terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan, gula serta daun yang mengsilkan warna coklat. Gudeg biasanya disajikan bersama dengan sayur krecek, telur bacem, tahu, ayam kampung dan santan kental.

10.Oseng Mercon

Oseng mercon adalah tumisan tetelan daging sapi dengan bumbu pedas. Kemudian dicampir lemak daging sapi. Rasanya pedas dan kelezatannya ini menjadi salahb satu variasi kuliner di Yogyakarta.

Add a Comment