Kiat-kiat Menghindari Stres Saat Pandemi Corona

Kiat-kiat Menghindari Stres Saat Pandemi Corona

PrimaBerita – Ditengah pandemi dan situasi saat ini, kiat-kiat menghindari stres perlu anda terapkan supaya kesehatan mental tidak terganggu.

Kesehatan fisik dan mental juga tetap harus diprioritaskan agar jangan sampai stres. Karena bila masalah stres semakin kronis, sistem kekebalan tubuh akan melemah. Sehingga bisa memunculkan berbagai penyakit akibat virus.

Berikut beberapa tips (kiat) yang bisa anda lakukan.

Identifikasi Gejala Stres

Pandemi virus corona memang bisa membuat anda stres selain sakit pada saluran sistem pernafasan jika terinfeksi. Karena saat work from home anda dipaksa untuk bisa membagi waktu (menyeimbangkan) antara pekerjaan kantor dan rumah.

Namun lazimnya gejala stres ini bisa ditandai dengan adanya rasa nyeri di bagian gigi, sakit kepala, berat badan menaik, dan perubahaan mood atau suasana hati. Selain itu biasanya anda akan kesulitan untuk tidur dan rasa sakit pada leher.

BACA JUGA: 4 Olahraga Simpel yang Bisa Dicoba Saat di Rumah

Menemukan Pemicu

Demi meminimalisir penyebaran virus corona, banyak juga perusahaan yang mengharuskan pegawai/karyawannya bekerja dari rumah atau work from home. Nah jika demikian, bisa jadi penyebab atau pemicu stres anda berasal dari pekerjaan yang sedang anda lakukan.

Mungkin itu dari pekerjaan di kantor atau juga pekerjaan di dalam rumah. Jika anda mengalami rasa cemas dan jengkel cobalah untuk memberhentikan sejenak untuk menenangkan beban pikiran.

Anda bisa melakukan aktivitas mendengarkan musik dan berjalan-jalan. Atur ulang kondisi mental anda sebelum anda siap untuk melanjutkan pekerjaan kembali.

Mengatur Jadwal-Jadwal

Menjadwalkan ulang kembali kegiatan sehari-hari adalah satu dari sekian kiat-kiat menghindari stres saat pandemi corona. Bekerja dan berkonsentrasi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan ketegangan mental.

Akibatnya bisa muncul rasa cemas bila deadline masih ada yang belum terselesaikan. Atau bahkan pekerjaan tersebut masih kurang maksimal.

Jika demikian, cobalah untuk mengatur sedikit jadwal untuk menyeimbangkan Work From Home (WFH) anda. Selingi pekerjaan beberapa menit sebagai hiburan. Misalnya menonton televisi dan berselancar di sosmed bisa membantu mengurangi rasa stres dan depresi.

Add a Comment