Ini 5 Penyakit Yang Dapat Memperparah Kondisi Pasien COVID-19

Penyakit Yang Memperparah Kondisi Pasien COVID-19

PrimaBerita – Beberapa penyakit dapat memperparah kondisi pasien yang positif covid-19 hingga menyebabkan kematian. Penyakit ini akan menjadikan psien sulit untuk sembuh jika memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Penyakit penyerta pada Covid-19 adalah penyakit lain yang sudah dimiliki oleh seorang pasien sebelum terinfeksi virus corona.

Berikut 5 penyakit penyerta yang dapat memperparah Kondisi pasien hingga menyebabkan kematian pada pasien Covid-19.

1. Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah tinggi pada jantung dan dinding pembuluh darah di seluruh tubuh. Tekanan darah yang mengalir di seluruh tubuh dapat merusak organ dengan cepat, apalagi bila disertai dengan COvid-19. Kasus di Italia menunjukkan lebih dari 75 persen pasien Covid-19 yang meninggal dunia memiliki hipertensi.

2. Diabetes

Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi ini perlahan dapat merusak jantung, pembuluh darah, ginjal, hingga mata.

Infeksi Covid-19 bakal mempercepat kerusakan organ pada penderita diabetes. Lebih dari 35 persen pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Italia disebabkan oleh diabetes.

Baca juga : Muncul Gejala Baru COVID-19 : Gatal-Gatal dan Kulit Merah

3. Penyakit paru-paru

Penyakit penyerta yang berhubungan dengan kerusakan paru-paru dan saluran pernapasan juga memperparah Covid-19. Penyakit yang berhubungan dengan paru-paru diantaranya adalah paru-paru obstruktif kronis (PPOK), asma, dan tuberkulosis (TBC).

Covid-19 juga merusak paru-paru. Paru-paru yang rusak membuat organ tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga memicu kerusakan organ yang dapat menyebabkan kematian.

4. Penyakit jantung

Penyakit kardiovaskular atau yang berkenaan dengan jantung dan kardiovaskular juga menjadi penyakit penyerta yang memberatkan Covid-19.

Sistem imun yang melemah dapat membuat kerusakan semakin meradang yang berujung pada serangan jantung, stroke, dan kematian.

5. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Di situasi pancaroba, penyakit DBD juga dapat memperparah Covid-10. Patut diwaspadai pula sebab gejala Covid-19 dapat menyerupai penyakit DBD.

Add a Comment