Gubenur Sumut Siapkan Lahan Pemakaman Pasien Corona di Simalingkar

Gubenur Sumut Siapkan Lahan Pemakaman Pasien Corona di Simalingkar

PrimaBerita – Gubenur Sumut (Sumatera Utara) Edy Rahmayadi siapkan lahan pemakaman khusus untuk pasien positif virus corona atau covid-19  yang meninggal dunia.

Ada lima lokasi kuburan yang telah disiapkan untuk jenazah postif virus corona. Salah satunya di daerah Simalingkar, Medan.

“Kita siapkan adala lima tempat salah satunya saya sebutkan di Kota Medan ada di Simalingkar,” ujar Edy Rahmayadi saat melakukan peninjauan Rumah Sakit Martha Friska, Rabu (1/4/2020).

Gubenur Sumut, Edy kembali menegaskan bahwa lahan pemakaman itu adalah untuk pasien yang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. Pembuktian itu harus dengan diagnosa dari dokter.

“Yang meninggal itu dimakamkan di sana setelah adanya diagnosa dokter bahwa yang meninggal tersebut akibat covid-19 baik ringan maupun berat. Dan hal itu diperlakukan SOP di Simalingkar,” jelas Edy Rahmayadi.

Ia mengatkan bahwa pemakaman khusus pasien virus corona itu agar masyarakat merasa aman dan tenang.

“Ini sudah tegas untuk kita menjadikan aman semuanya,” katanya.

Selain itu, Edy juga menegaskan kalau proses pemakaman juga akan dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) rumah sakit.

“Ada SOP pemberlakuan terhadap mayat, seperti harus dibungkus plastik, dimasukan dalam kotak dan pertugaslah yang mengebumikan. Tidak ada saudara, keluarga yang ikut serta dalam pengebumian tersebut,” lanjutnya.

Gubenur Sumut itu menegaskan bahwa hal ini merupakan situasi darurat sipil. Sehingga tidak ada alasan masyarakat untuk menolak pemakaman jenazah akibat virus corona.

Lahan pemakaman pasien virus corona yang meninggal dunia nantinya berada di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Sumut. Pemakaman itu terpisah dari area Tempat Pemakaman Umum (TPU)

Add a Comment