Google Dengan Apple Membangun Sistem Pelacak Covid-19

google dengan apple membangun pelacak covid-19

PrimaBerita- Google dengan Apple membangun sistem pelacak Covid-19. Dengan berbasis Bluetooth. Sistem ini dipastikan Google akan didistribusikannya ke smartphone bersistem operasi Android melalui Google Play Services. Kerja sama Apple dan Google diumumkan oleh CEO kedua perusahaan, Tim Cook dan Sundar Pichai, dalam akun media sosial masing-masing.

Selama ini Apple dengan iOS-nya dan Google dengan Android-nya selalu bersaing dalam menyajikan layanan digital terbaik. Namun, dalam masa pandemik Covid-19 ini persaingan tersebut dilupakan oleh keduanya. Sehingga Google dengan Apple membangun sistem pelacak Covid-19.

Sistem pelacak Covid-19 ini hanya tersedia untuk minimal perangkat pengguna sistem Android 6.0 Marsmellow atau versi baru. Sistem ini akan secara otomatis mencatat interaksi masyarakat. Namun belum dapat dipastikan mampu membantu menghentikan penyebaran virus Corona.

Meskipun demikian, sejumlah ahli optimistis bahwa pelacak kontak secara otomatis dapat meningkatkan respon terkait Covid-19.Jadi rancangan Apple dan Google ini bukan berupa aplikasi tetapi sebuah sistem atau API yang bisa mengumpulkan data pelacakan pengguna.

API inilah yang akan dipasang di aplikasi badan kesehatan masyarakat negara setempat. Sistem ini bekerja menggunakan konsep contact tracing, dengan melacak semua pengguna yang pernah berdekatan dengan pengguna ponsel.

Sistem pelacakan ini tentu saja akan berguna dan efektif apabila aplikasinya diunduh dan digunakan secara masif oleh pengguna perangkat Android dan iOS.

Add a Comment