Cara Warga Riau Pancing Seekor Buaya Yang Memiliki Panjang Hampir 4 Meter

Cara Warga Riau Pancing Seekor Buaya

PrimaBerita – Di sebuah kanal yang berlokasi di jalan Ponproy, Kel. Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, seekor hewan buas ditangkap dengan cara warga Riau sendiri yakni pancing buaya dengan daging ayam.

Buaya tersebut ditangkap karena diketahui sudah meresahkan warga yang bermukim di sana.

Untuk melakukan penangkapan hewan buas tersebut, Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Riau menuturkan bahwa buaya dipancing dengan umpan daging ayam.

“Buaya yang ditangkap warga ini jenisnya buaya air tawar atau senyulong. Buaya betina dewasa dengan panjang 3,9 meter,” sebut Heru, Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA, melalui keterangan tertulisnya.

Pada 27 april yang lalu, cara warga Riau yang pancing seekor buaya dengan daging ayam mengikatnya dengan tali. Agar buaya tak bisa melawan dan lepas.

“Tadi pagi warga mengecek ke kanal dan buaya sudah kena pancing. Warga mengikat buaya yang masih hidup dengan tali, lalu diseret ke pinggir jalan,” pungkas Heru.

Dari kejadian penangkapan tersebut, buaya mengalami lecet dan luka. Lalu diserahkan langsung untuk dilakukan perawatan.

Buaya dibawa ke kantor resort Dumai untuk dilakukan perawatan sebelum dilepasliarkan atau diserahkan ke lembaga konservasi nantinya,” ucap Heru lagi.

Heru juga menjelaskan bahwa satwa liar ini beberapa waktu lalu ditemukan warga di kanal Jalan Ponproy pada tanggal 17 april 2020.

Menurutnya petugas dari seksi konservasi wilayah IV Resort Dumai juga telah melakukan sosialisasi/penyuluhan kepada warga.

Lihat Juga: Pemasukan Tidak Ada, 200 Satwa di Medan Zoo Terancam Kelaparan

Telah dipasang spanduk oleh petugas di areal lokasi adanya penampakan buaya.

Hal tersebut dilakukan supaya bertujuan demi menghindari konflik manusia dengan binatang terutama satwa liar yang dilindungi tersebut. Selain itu agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di sana.

Add a Comment