Tips Sukses Bisnis Kuliner Yang Wajib Dipahami

tips sukses bisnis kuliner

PrimaBerita – Berbisnis kuliner bukan hanya bicara modal dan lokasi bisnis, tetapi ada hal yang wajib dipahami yaitu tips supaya sukses bisnis kuliner.

Memilih untuk berbisnis kuliner sama halnya dengan bisnis lainnya. Membutuhkan pola pikir yang cekatan yang mampu bersaing. Jenis makanan yang bisa kita bisniskan adalah sebagai berikut.

Makanan Tradisional/daerah

Jenis ini bisa meliputi nasi khas daerah tertentu, sate, bakso, mie aceh, seblak, putu bambu dan lain-lain.

Makanan Internasional

Makanan budaya barat seperti burger, hotdog, pizza, ayam goreng, steak, kentang goreng, dan masih banyak lagi.

Bisnis kuliner bisa kita lihat di sekitar kita mulai dari warteg hingga restoran mewah.

Berikut Tips Sukses Bisnis Kuliner

a. Gencar Melakukan Promosi

Di jaman yang sudah canggih ini, kita bisa memanfaatkan sosial media sebagai alat promosi bisnis kita. Kita tinggal mengambil semua gambar dari makanan yang kita jual lalu mengunggahnya diberbagai platform media sosial, seperti facebook, instagram, line, twitter, maupun whatsapp.

Jangan pernah ragu sama jenis makanan apa yang kita jual. Unggah saja di sosial media dengan menambahkan keterangan makanan yang jelas dan sesuaikan harganya dengan pasar. Oh iya pastikan juga alamatmu tidak berubah-ubah.

Dengan begitu, orang-orang akan mengunjungi lokasi bisnis anda.

b. Ramah Kepada Para Pengunjung

Selalulah untuk ramah kepada pengunjung saat mereka datang ke restoran anda. Sesekali sapa dan minta testimoni dari mereka atas makanan yang anda tawarkan.

Semakin anda sopan dalam melayani pelanggan, disitulah letak restoran anda bisa menjadi favorit.

c. Selalu Menjaga Kebersihan

Kebersihan itu memang penting karena salah satu syarat untuk hidup sehat adalah kebersihan. Jika anda mengutamakan kebersihan makanan serta kebersihan di lokasi bisnis anda, maka orang-orang akan ramai untuk mengunjunginya. Segala tempat makanan berupa piring, gelas, sendok, mangkuk, dll juga perlu diperhatikan kebersihannya.

d. Cari Label Makanan Yang Unik

Ya, hal ini tentu diperlukan. Semakin unik nama-nama makanan anda, maka akan semakin digemari masyarakat. Selain itu membuat orang penasaran dan tentu mereka akan datang kepada usaha kuliner anda.

e. Lokasi Yang Strategis

Anda bisa mencari lokasi yang strategis yaitu lokasi yang dekat kampus atau perusahaan. Bisa juga membuat lokasi bisnis kuliner di pusat kota. Ini akan menjadi peluang besar bagi anda.

f. Tampilan Usaha Kuliner

Maksudnya di sini, usahakan tempat/bangunan usaha kuliner anda semenarik mungkindan unik. Misalnya anda dapat menambahkan bunga di setiap sudut ruangan atau juga membuat sentuhan ala-ala vintage pada restoran anda. Bila perlu, tambahankan spot foto yang menarik di depan restoran.

g. Bersaing Sehat

Tips sukses bisnis kuliner yang terakhir yaitu: anda harus mengutamakan persaingan yang sehat, karena bisa saja usaha kuliner anda sejenis dengan pengusaha lainnya di satu titik lokasi. Jangan pernah marah dan mencari keributan pada usaha lain yang sejenis.

artikel lainnya : Gaya Traveling Yang Kekinian dan Instagramable

Add a Comment