Tips Mengontrol Kadar Kolesterol Untuk Mengurangi Risiko Penyakit

Mengontrol Kadar Kolesterol

PrimaBerita – Kadar kolesterol yang tinggi akan memicu munculnya penyakit-penyakit seperti hipertensi hingga penyakit jantung, kenali tanda-tanda jika kolesterol anda tinggi. Sebisa mungkin lakukan cara untuk mengontrol kadar kolesterol anda.

Berikut langkah untuk mengontrol kadar Kolesterol :

1. Pola hidup sehat

Langkah utama yang bisa anda lakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat dan mengatur pola makan yang sehat dan bergizi seimbang serta olahraga rutin.

Pola makan yang dianjurkan untuk mengontrol kadar kolesterol adalah pola makan yang rendah lemak jenuh, serta kaya serat pangan larut. Contohnya adalah biji-bijian utuh, gandum, nasi merah, buah, serta sayur-sayuran.

Baca juga : Waspadai ! 4 Penyakit yang Terjadi Akibat Kolesterol Tinggi

2. Gunakan Produk rendah kolesterol

Carilah produk dengan keterangan ‘kaya serat pangan larut’ atau ‘soluble fiber’, serta bertuliskan ‘dapat membantu menurunkan kolesterol’ pada label kemasan. Pastikan produk minuman tersebut telah diteliti dan disetujui oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Bacalah label kemasan dengan seksama saat membeli produk. Anda dapat memilih produk yang mengandung beta glucan dan inulin. Kedua zat ini merupakan jenis serat pangan larut yang bermanfaat untuk mendukung kinerja sistem pencernaan, serta membantu menurunkan kadar kolesterol.

Akan lebih baik lagi jika produk tersebut juga mengandung vitamin B1 dan B2, yang dapat membantu tubuh mencerna lemak dan karbohidrat, kemudian mengubahnya menjadi energi.

Baca juga : Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Jangan Makan Makanan Ini !

3. Berolahraga dengan rutin

Jangan lupa luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga, minimal 3-5 kali seminggu. Anda bisa jogging, berenang, senam, maupun yoga. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai, yang penting Anda bisa melakukannya secara konsisten.

Add a Comment