Terapkan 7 Pola Hidup Sehat Ini Untuk Mencegah Gagal Ginjal

Hidup Sehat Untuk Mencegah Gagal Ginjal

PrimaBerita – Penyakit gagal ginjal kronis masih menjadi salah satu ancaman penyebab kematian terbesar di Indonesia. Untuk terapkan pola hidup sehat untuk mencegah gagal ginjal.

Penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Berikut 7 pola hidup sehat untuk mencegah gagal ginjal :

1. Aktivitas fisik teratur

Melakukan aktivitas secara teratur mempunyai manfaat, di antaranya menjaga berat badan, meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh, juga mengendalikan stres.

Baca juga : Gejala Infeksi Ginjal Yang Bisa Anda Kenali Mulai Sekarang

2. Kurangi konsumsi garam dan lemak

Konsumsi makanan sehat dengan menghindari asupan gula garam dan lemak berlebih. Hindari juga kebiasaan komsumsi makanan cepat saji secara terus menerus.

3. Kontrol tekanan dan gula darah

Gula darah yang terkontrol akan menurunkan risiko terjadinya kematian saraf neuropati. Selain dapat mencegah penyakit ginjal, ini juga menghindari risiko terkena diabetes.

4. Monitor berat badan

Menjaga asupan makanan menjadi faktor penting agar bisa memonitor berat badan yang dimiliki. Selain itu hindari terlalu banyak makanan yang berlemak agar terhindar dari obesitas.

5. Banyak minum air putih

Bagi orang dewasa minum air putih dianjurkan sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi dalam tubuh. Kekurangan air dapat berpengaruh pada kinerja fisik dan mental serta bisa menyebabkan sakit kepala dan kejang otot.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal Akut, Kenali Sebelum Terlambat

6. Minum obat sesuai anjuran

Konsumsi obat yang tidak sesuai dapat memperparah penyakit yang diidap, bahkan dapat berisiko menimbukan penyakit baru.

7. Tidak merokok

Berhenti merokok dapat menimbulkan banyak manfaat bagi tubuh serta mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan.

Add a Comment