Sedihnya, Lima Calon Pengantin di Sumsel Gagal Resepsi Pernikahan

Sedihnya, Lima Calon Pengantin di Sumsel Gagal Resepsi Pernikahan

PrimaBerita – Akibat penyebaran virus covid-19 yang kian meluas, sebanyak lima calon pengantin di kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel (Sumatera Selatan) terpaksa harus menunda resepsi pernikahan.

“Sementara ini ada lima pasangan calon pengantin yang memutuskan penundaan resepsi pernikahan,” kata Camat Bayung Lencir, Akhmad Toyibir, Rabu (25/3/2020).

Camat Bayung juga menambahkan pihaknya akan terus menyisir wilayahnya dan melakukan edukasi agar warga menunda apa pun bentuk hajatan yang mengundang banyak orang.

Penundaan tersebut merupakan hasil dari tindak lanjut pertemuan warga dengan Forkopimda di Bayung Lencir.

Pertemuan itu dilakukakan sebagai bentuk sikap atas maklumat Kapolri tentang larangan menggelar kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang, baik di tempat umum ataupun lingkungan sendiri.

Bupati Musi Banyuasin, Dosi Reza Alex Noerdin mengatakan bahwa Kementerian Agama sudah mengeluarkan surat edaran mengenai pencegahan penyebaran virus corona dengan aturan pembatasan tamu undanga yang menghadiri acara akan nikah atau resepsi.

Dalam surat edaran tersebut dinyatakan  prosesi akad nikah dilakukan dalam satu ruangan dengan jumlah maksimal 10 orang. Kemudian, calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi tersebut harus sudah membasuh tangan dengan sabun dan hand sanitizer.

“Serta menggunakan masker. Petugas, wali nikah dan calon pengantin laki-laki diharuskan menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab kabul. Ini harus ditaati bersama demi kesehatan dan kebaikan semua warga Muba,” kata Bupati Musi Banyuasin.

Ali, salah satu lima calon pengantin di sumsel yang akan melakukan resepsi pernikahan mengatakan bahwa dirinya semula menolak permintaan tersebut. Namun akhirnya menerima setelah mendapatkan penjelasan dari Camat, Danramil dan Kapolsek dalam rapat bersama.

“Sebenarnya saya dan keluarga sangat kecewa karena persiapan sudah 90 persen. Tetapi setelah mendapatkan penjelasan, kami pun menerima demi kesehatan bersama,” kata Ali.

Add a Comment