Pria Wajib Tahu ! 4 Macam Warna Sperma dan Artinya bagi Kesehatan

Macam Warna Sperma dan Artinya

PrimaBerita – Ketika seorang pria mengalami ejakulasi makan sperma akan keluar melalui penis bersama cairan pekat yang disebut semen. Cairan semen dalam sperma memiliki ragam macam warna dan artinya bagi kesehatan pria.

Umumnya cairan semen yang sehat berisikan sperma yang memiliki warna putih cerah atau keabuan dengan tekstur agak kental. Pada kondisi tertentu cairan semen dalam sperma dapat berubah warna.

Berikut macam warna pada sperma dan artinya bagi kesehatan:

1. Jernih, putih, atau abu-abu

Semen berwarna putih, abu-abu, atau jernih tanpa warna menandakan kondisi sperma yang sehat.  Akan tetapi, beberapa orang mungkin memiliki sperma yang encer walaupun warnanya normal. Semen yang encer umumnya disebabkan karena jumlah sperma sedikit, sering ejakulasi, kekurangan asupan zinc, atau semen yang keluar adalah cairan praejakulasi.

2. Kuning atau kehijauan

Semen dengan warna kuning atau kehijauan menandakan beragam kondisi terkait kesehatan sperma. Pada umumnya, warna kuning atau kehijauan disebabkan oleh faktor berikut:

Pola makan

Makanan mengandung pewarna, makanan tinggi kandungan sulfur seperti bawang putih, serta alkohol bisa menyebabkan perubahan warna semen menjadi kuning.

Semen bercampur dengan urine

Semen dan urine keluar dari saluran yang sama, yakni uretra. Sisa urine dalam uretra bisa bercampur dengan semen dan mengubah warnanya menjadi kuning.

Jaundice (kekuningan)

Kondisi ini terjadi akibat penumpukan bilirubin dalam tubuh. Bilirubin adalah pigmen yang dihasilkan dari penguraian sel darah merah di dalam hati. Warna kuning juga dapat muncul pada bagian putih mata dan kulit.

Leukositospermia

Terlalu banyak sel darah putih dalam semen bisa merusak sperma dan mengubah warna semen menjadi kuning. Penyebabnya bisa berasal dari infeksi prostat, penyakit menular seksual, atau penyakit autoimun.

Infeksi prostat

Bakteri pada saluran kemih dapat berpindah menuju kelenjar prostat dan menyebabkan infeksi.

3. Merah muda, merah, jingga, atau cokelat

Warna merah mudah atau merah pada semen menandakan darah yang masih segar. Sementara itu, warna jingga dan kecokelatan berasal dari darah yang sudah lama bercampur dengan sperma. Warna darah menjadi gelap setelah terpapar oksigen.

Kondisi ini dikenal juga sebagai hematospermia dan disebabkan oleh faktor berikut:

Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual bisa berupa herpes, klamidia, sifilis, dan gonore. Penyakit ini juga memiliki gejala berupa nyeri saat buang air kecil, ruam dan gatal pada penis, nyeri pada testis, serta keluar cairan kekuningan dari penis.

Infeksi prostat

Tanpa penanganan yang tepat, infeksi pada kelenjar prostat dapat bertambah parah dan membuat semen bercampur dengan darah.

Operasi kelenjar prostat

Prosedur operasi akan melukai jaringan di sekitarnya. Darah yang keluar dari luka dapat terbawa ke dalam uretra dan keluar bersama semen.

Masturbasi berlebihan atau hubungan seksual yang kasar

Kebiasaan ini bisa memicu keluarnya darah sehingga semen berwarna kemerahan.

Kanker prostat, testis, atau uretra

Warna sperma yang kemerahan bisa menjadi gejala kanker prostat, testis, atau uretra. Penderita umumnya juga mengalami nyeri pada testis, skrotum, perut dan punggung bagian bawah, serta area organ intim.

4. Hitam

Warna hitam pada semen biasanya juga berasal dari darah. Namun, darah telah lama berada dalam tubuh dan banyak terpapar oksigen sehingga warnanya menjadi gelap. Selain itu, semen yang berwarna hitam juga dapat disebabkan oleh faktor berikut:

  • Paparan logam berat seperti timbal, nikel, dan mangan. Logam berat bisa berasal dari makanan, air, atau lingkungan yang terkontaminasi.
  • Cedera pada tulang belakang sehingga mengganggu fungsi vesikula seminalis. Vesikula seminalis adalah kelenjar yang menghasilkan sperma.

Warna semen dipengaruhi oleh gen, pola makan, serta kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Perubahan warna semen dan sperma adalah hal yang wajar, asalkan tidak disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan.

Add a Comment