Makanan Yang Menyehatkan Mata, Jangan Abaikan!

makanan yang menyehatkan mata

PrimaBerita – Sebagai salah satu jenis organ tubuh manusia yang fungsinya untuk melihat, tentu ada banyak makanan yang bisa menyehatkan mata.

Bagi anda yang bekerja seharian menatap layar komputer tentu akan merasakan lelah mata bahkan bisa menurunkan daya penglihatan. Terlalu sering menatap layar handphone juga bisa membuat mata anda turun daya penglihatan.

Makanan Yang Menyehatkan Mata

Dalam hal menjaga kesehatan secara umum, menjaga mata sama dengan menjaga kesehatan lainnya, yaitu mengonsumsi makanan-makanan bervitamin. Hanya saja ada beberapa jenis makanan (buah atau sayuran) sebagai pembedanya.

Berikut makanan yang bisa anda konsumsi supaya mata anda tetap sehat.

Wortel

Wah, yang satu ini tentunya sudah sangat lama dikenal sebagai makanan yang bagus untuk mata. Kaya akan vitamin A, wortel bisa dimakan langsung dan bisa juga diolah terlebih dahulu, seperti jus wortel.

Dengan makan satu buah wortel berukuran sedang, kita sudah memberikan asupan baik kepada tubuh sekitar 5000 IU vitamin A. Jangan lupa, bila memakan wortel secara langsung sebaiknya dicuci bersih.

Baca juga :  Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes yang Harus Diketahui

Jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C baik untuk kulit dan sebagai anti oksidan yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh. Tapi siapa sangka, jeruk ternyata bagus untuk kesehatan mata. Bahkan vitamin C dapat mencegah katarak.

Labu

Karena tubuh tidak bisa membuat lutein dan zeaxanthin, maka labu bisa menjadi solusinya. Labu bisa diolah sebagai kolak, kue, maupun puding.

Buah Naga

Bagi kamu yang menyukai buah naga. Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga cocok untuk melindungi kornea mata.

Ikan Salmon

Bukan hanya buah dan sayuran. Mengonsumsi ikan salmon juga dapat menyehatkan mata anda. Walau harganya terkenal mahal, jenis ikan ini mengandung omega 3 yang sangat tinggi yang fungsinya dapat melindungi mata dari AMD (Age-related Macular Degeneration) dan glaukom. Selain itu ikan salmon efektif melawan sindrom mata kering.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kale, juga termasuk ke dalam jenis makanan yang menyehatkan mata. Sayuran hijau ini mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi mata anda dari sinar UV yang berbahaya. Pastikan bahwa sayuran ini ada dalam menu makanan sehari-hari.

Baca juga : Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Konsumsi Sekarang

Biji Bunga Matahari

Memakan biji bunga matahari seperti kwaci ternyata bagus juga untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin E.

Sebuah studi menemukan bahwa vitamin E bersama dengan nutrisi lainnya bisa membantu memperlambat degenerasi makula terkait AMD supaya tidak makin parah. Selain itu biji bunga matahari akan membantu anda untuk mencegah resiko katarak.

Jadi, fungsi vitamin E bukan hanya untuk kulit saja ya.

Add a Comment