Jangan Nekat Membuka Bungkus Jenazah Corona! Akibatnya Bisa…

Bungkus Jenazah Corona

PrimaBerita – Apa jadinya bila ada anggota keluarga yang meninggal tapi tak diperbolehkan untuk membuka bungkus jenazah, khususnya jenazah yang terinfeksi corona.

Kehilangan salah satu sanak/anggota keluarga memang sangat menyedihkan. Baru-baru ini santer kabar bahwa ada anggota keluarga di Kendari, Sulteng yang membongkar plastik penutup jenazah PDP (Pasien Dalam Pemantauan) sebelum dikebumikan. Namun apakah tindakan tersebut tidak membahayakan? Begini kata ahli kesehatan.

Menurut dekan FK Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, secara medis penanganan jenazah pasien covid-19 telah memiliki protokol khusus. Sederet protokol khusus inilah yang semestinya diperhatikan oleh pihak keluarga maupun kerabat.

“Kalau sudah diduga, atau sudah positif terinveksi covid-19 kan memang akan dimandikan di rumah sakit. Petugas medis yang memandikan pakai APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap, pakai masker N95, sampai kacamata google,” ungkap Prof. Ari dalam konfrensi pers daring (27/3).

Sejatinya Prof. Ari menambahkan, begitu sudah dibungkus petugas medis, pihak keluarga tidak diperkenankan membuka jenazahnya kembali. Kalaupun dibuka itu berarti untuk tujuan autopsi.

“Setelahnya dimasukkan ke bungkus tertutup rapat tidak boleh air keluar, terlindungi sekali. Jadi kecuali untuk kepentingan autopsi ya, memang bungkus jenazah tidak boleh dibuka,” terangnya kembali.

Pada kasus jenazah virus corona, prosedur terkait ini dibuat memang bukan tanpa alasan. Karena akan berdampak buruk pada pihak keluarga yang nekat, bahkan jika melakukan sentuhan ke kulit jenazah. Untuk itu disarankan juga cara penguburannya dilakukan supaya berjarak.

“Ketika dibuka, percikan-percikan itu bisa tertular. Ketika kena ke tubuh kita, bisa tertular,” tandas Prof. Ari.

Ia mengatakan peluang resiko tertular virus corona akan muncul saat nekat membuka bungkus jenazah corona (covid-19. Oleh sebab itu sebaiknya masyarakat mengerti dengan situasi sekarang.

BACA: Keluar Beli Susu, Pria Ini Dipukuli Hingga Tewas Oleh Polisi

Add a Comment