Harga Masker Yang Tak Masuk Akal, Disebabkan Virus dan Erupsi Merapi?

harga masker yang semakin tak masuk diakal

PrimaBerita – Belakangan, banyak yang mempersoalkan harga masker yang tak masuk akal. Di samping orang-orang berbondong-bondong menggunakan masker agar tidak terinfeksi virus corona, masker juga dibutuhkan orang-orang yang terkena erupsi gunung merapi di Yogyakarta.

Mereka menggunakan masker tersebut guna mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik yang muncul dari erupsi gunung merapi akhir-akhir ini. Bahkan sampai ada yang membuat stok di rumah masing-masing.

Hal inilah yang dimanfaatkan para penjual masker untuk meraup keuntungan besar.

Bahkan dari yang biasanya, harga masker masih dibanderol dengan kisaran harga Rp 1.000,- hingga Rp 1.500,-, kini telah menjadi tidak masuk akal. Ada yang menjual masker per kotaknya hingga ratusan ribu rupiah. Naiknya berkali lipat.

Baca juga :  Tips Berlibur Saat Uang Pas-pasan Di Tanggal Tua

Seperti di shopee,  harga 1 kotak (box) masker dengan merek Sensi Mask dijual seharga Rp 900.000,-. Satu kotaknya berisi 24 pack dengan isi total 144 lembar masker.

Sementara di online shop lainnya seperti Bukalapak tak jauh beda. Masih dengan merek Sensi, mereka membanderol harga mulai Rp 450.000,- hingga Rp 500.000,- per kotak, dengan total isi 50 lembar masker.

Untuk jenis masker lainnya, seperti masker N95 yang merupakan masker dengan harga cukup mahal. Pasalnya, masker jenis ini sekotaknya dijual diatas satu juta rupiah.

Namun Direktur Ekonomi, M. Zulfirmansyah KPPU Firmansyah mengatakan, kelangkaan masker di Indonesia saat ini terjadi karena pasokan dari China perlahan menipis.

“Jadi untuk sementara, kenaikan harga terjadi karena fenomena itu. Untuk harga, kami tidak bisa bilang ini normal atau tidak karena semua orang memang kebutuhan tinggi dan stok langka,” ujarnya.

Ia menambahkan juga, bahwa Indonesia memang tercatat dalam hal mengimpor masker dari negeri Tirai Bambu. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Baca juga : Bahaya Memberikan Gadget Kepada Anak

Walaupun harga masker yang semakin tak masuk akal telah ramai diperbincangkan, masyarakat masih ada yang mau membelinya karena alasan kesehatan adalah lebih penting.

Add a Comment