Demi Mencegah Penyebaran Virus Corona di Rumah, Lakukan Tips Ini!

Demi Mencegah Penyebaran Virus Corona di Rumah, Lakukan Tips Ini!

PrimaBerita– Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan status virus corona menjadi pandemi global pada (11/3/2020) lalu. Maka, sangat diperlukan untuk menjaga kerbersihan tubuh demi mencegah penyebaran virus corona agar tidak terinfeksi.

Namun, tak hanya kebersihan tubuh saja yang perlu dijaga, kita juga harus selalu memastikan lingkungan yang kita tempati, seperti rumah untuk selalu bersih dan higienis.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, virus corona ditransmisikan melalui tetesan pernapasan dan mungkin tetap bertahan selama berjam-jam di permukaan yang terbuat dari berbagai bahan. Itulah sebabnya, agar kita selalu melakukan deep clean atau pembersihan mendalam, terutama di rumah atau area tempat tinggal.

Dalam mencegah penyebaran virus corona, ada cara yang tepat untuk membersihkan rumah. Bagaimana caranya? Berikut ini akan dijelaskan tentang cara membersihkan rumah, yuk simak dan jangan lupa diterapkan!

1. Bersihkan rumah terlebih dahulu sebelum memakai disinfektan

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah sebelum menyemprotkan disinfektan, bersihkan terlebih dahulu rumah Anda dari debu dan juga kotoran yang menempel di bagian luar. Setelah bersih, barulah semprotkan disinfektan tersebut.

Sebelum menyemprtokaan disinfektan, pastikan Anda sudah membaca petunjuk cara menggunakannya. Karena ada beberapa disinfektan yang perlu didiamkan tetap basah selama 2 sampai 10 menit.

2. Gunakan pembersih dan cairan disinfektan di area-area permukaan yang sering disentuh

Ketika Anda membersihkan rumah dengan carira disinfektan, fokuslah pada are-are permukaan yang sering Anda sentuh, seperti meja, ganggang pintu, saklar lampu, dan lainnya. Kemudian, Anda juga harus membersihkan area-area tersebut dengan menggunakan sabun.

Dalam menggunakan disinfektan, cairan yang terkandung pada disinfektan setidaknya sekitar 70% alkihol, dan sudah terdaftar di Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA).

Selain itu, jangan pernah menggunakan produk disinfektan yang kedaluwarsa dan tidak boleh membuat cairan disinfektan dengan bahan pembersih lainnya.

CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Amerika Serikat menyarankan, dalam membuat disinfektan sendiri dengan mencampurkan 5 sendok makana cairan disinfektan pada 1 galon air atau 4 sendok teh disinfektam pada 1 liter air.

3. Gunakan sarung tangan dan pastikan Anda memiliki ventilasi yang baik saat membersihkan rumah

Ketika Anda membersihkan rumah dengan disinfektan, pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan perhatikan ventilasi udara. Bahkan, CDC juga menyarankan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai dan segera lepaskan setelah menggunakannya.

Saat melepaskan sarung tangan tersebut, sebisa mungkin lepaskanlah secara hati-hati dan jangan sampai bagian luarnya terkena kulit Anda. Setelah itu, segeralah cuci tangan Anda dengan sabun dan air yang mengalir hingga bersih.

4. Cuci baju dengan air hangat

CDC menyarankan kita untuk mencuci baju dengan air hangat. Saat membersihkan pakaian kotor tersebut, Anda juga disarankan untuk menggunakan sarung tangan, namun jika tidak Anda wajib untuk mencuci tangan sampai bersih.

Selain itu, Anda juga harus rutin mencuci keranjang tempat pakaian kotor, karena benda tersebut bisa menjadi sarang kuman dan virus untuk berkembang biak.

5. Bersihkan peralatan elektronik

Menurut CDC, peralatan eletronik juga snagat penting untuk dibersihkan. Karena peralatan ektronik, seperti ponsel yang selalu kita gunakan ataupun sentuh setiap hari.

Dalam membersihkan peralatan elektronik, sebaiknya gunakan kain mikrofiber yang telah dibasahi sedikit dengan sabun dan juga air. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perangkat saintasi UV, yang mampu memancarkan UV-C ke ponsel untuk membunuh kuman.

Add a Comment