Corona Masih Mewabah, Jangan Takut Pesan Makanan Lewat Online

Corona Masih Mewabah, Jangan Takut Pesan Makanan Lewat Online

PrimaBerita– Pesan makanan lewat online masih menjadi kebiasaan banyak orang. Namun, di tengah penyebaran virus corona yang semakin luas, apakah tetap aman untuk pesan makanan lewat online? 

Ternyata, pesan makanan lewat online sangat kecil untuk terpapar virus corona atau covid-19. Hal ini diungkapkan oleh profesor keamanan pangan di Departemen Ilmu Pangan di Cornell University, New York, Martin Wiedmann.

“Risiko tertular virus corona melalui makanan telah terbukti sangat kecil,” jelas Profesor Wiedmann.

Walau resikonya kecil, kita juga harus tetap waspada dan selalu menjaga kebersihan. Para pemesan makanan online juga harus mencuci tangannya. Sehingga dapat mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Sebab, tangan bisa saja habis memegang benda-benda yang terpapar virus, kuman, dan bakteri.

“Secara pribadi, saya tidak akan membuat perubahan dengan cara memesan atau menerima makanan. Kalau memesan pizza misalnya, saya tidak akan meninggalkan kotaknya di luar dan membawa pizza dengan tangan. Tapi pasti saya akan mencuci tangan sebelum makan pizza dengan tangan,” tuturnya.

Ahli kesehatan dari University of Minnesota, Craig Hedberg juga menyatakan hal yang sama, kalau orang yang mengantar makanan harus mengikuti praktik pencegahan virus dengan memperhatikan kebersihan dan tubuhnya.

Craig Hedberg menyatakan, tidak ada bukti virus corona atau covid-19 dapat tertular dari makanan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahwa virus dapat menyebar melalui tetesan air liur dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi ke orang lain.

Risiko Terinfeksi Rendah

Benjamin Chapman, pakar keamanan pangan dari North Carolina State University mengatakan, resiko tertular virus corona melalui makanan tidaklah tinggi karena makanan belum diidentifikasi sebagai faktor terjadinya penularan virus covid-19 itu.

“Risikonya sangat rendah. Penerima pengiriman bisa mengurangi risiko tertular virus dengan mencuci tangan yang baik atau menggunakan setidaknya cairan pembersih tangan dengan kandungan alkohol 60 persen,” kata Chapman.

“Kalau memang ada semacam kontaminasi virus, Anda dapat memutus rantai transmisi melalui langkah kebersihan tangan ini,” sambungnya.

Agar lebih nyaman saat di rumah bersama keluarga atau sedang bekerja dari rumah, silahkan pesan makanan lewat online. Sebab memesan makanan lewat online menjadi alternatif yang cukup aman di tengah wabah corona yang semakin mengancam kesehatan.

Add a Comment