Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

cara mengajarkan anak menabung

PrimaBerita – Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengajarkan anak supaya mau menabung sejak dini. Katakan kepada si anak bahwa menabung itu sangat perlu.

Selain bisa membeli barang kebutuhan, anak nantinya akan terbiasa hingga dewasa untuk tidak berfoya-foya atau menghamburkan uang.

Cara Mengajarkan Anak Menabung

Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini.

Memperkenalkan uang dan fungsinya

Mungkin di sekolahnya, anak sudah diajari mengenai jenis-jenis uang dan fungsinya. Tapi bagi anda yang mempunyai anak yang masih di bawah usia lima tahun, ada baiknya memperlihatkan uang dan memberitahu jenis nominalnya.

Katakan dengan sederhana bahwa fungsi uang adalah sebagai alat tukar.

Beritahu kepada anak bahwa menabung itu kegiatan yang menyenangkan

Saat menabung, anak akan terlihat seperti dibebani. Mereka akan berpikir bahwa uang jajannya tidak seperti biasa lagi dan tak bisa membeli ini dan itu, padahal terkadang yang mereka beli sama sekali tidak dimakan atau dipakai.

Nah untuk itulah para orang tua sigap menyikapi hal ini. Sugesti kepada anak, dari hasil menabung, mereka akan bisa membeli sesuatu yang berharga nantinya. Beritahu pelan-pelan kepada anak bahwa membeli sesuatu lewat tabungan sendiri jauh lebih berharga dibanding saat meminta dari orangtua.

Baca juga : Tips Berlibur Saat Uang Pas-pasan Di Tanggal Tua

Berikan pemahaman kepada anak tentang kebutuhan, keinginan, dan harapan

Jelaskan pelan-pelan kepada anak bahwa kebutuhan dan keinginan itu berbeda. Pada anak yang sudah memasuki usia sekolah maka kebutuhan mereka misalnya membeli alat tulis dan seragam sekolah. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang boleh tidak dilaksanakan, misalnya membeli makanan ringan secara berlebihan dan membeli mainan.

Bila anak sudah cukup mengerti, maka beritahu anak apa saja yang menjadi harapan mereka ketika menabung. Dengan begitu mereka akan tau dengan sendirinya bahwa menyimpan uang bisa sebagai investasi untuk masa yang akan datang.

Koin toples/celengan karakter kartun kesukaan anak

Jika anda tidak memiliki toples, maka anda dapat menggantinya dengan celengan karakter kartun kesukaan anak. Ini bisa menambah semangat mereka untuk melatih diri berinvestasi sejak dini.

Arahkan dan ingatkan anak untuk menyisihkan uang jajan setiap hari setelah pulang sekolah. Tapi jangan sampai uang jajan yang anda berikan tidak cukup untuk menabung ya.

Itulah beberapa tips atau panduan cara mengajarkan anak supaya mau menabung.

Add a Comment