Apakah Green Coffee Bisa Menurunkan Berat Badan?

PrimaBerita – Cara menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan banyak cara, namun benarkah green coffee bisa menurunkan berat badan?. Sebagian orang melakukannya dengan rajin berolahraga. Selain itu, tak jarang pula orang-orang mengonsumsi suplemen penurun berat badan, termasuk minuman green coffee.

Jika anda mengatasi masalah berat badan dengan memilih mengonsumsi biji green coffee, bukan berarti anda mengonsumsi biji kopi yang masih hijau atau biji kopi yang belum matang. Biji green coffee yang dimaksud adalah kopi yang belum melakukan proses penanggangan.

Tingkat keasaman klorogenat (CGA) dalam biji kopi diklaim mempunyai sejumlah khasiat bagi kesehatan, termasuk green coffee bisa menurunkan berat badan.

Studi dan penelitian pada hewan menunjukkan, CGA dianggap sebagai anti diabetes yang berkaitan dengan efek resistensi insulin. Selain itu diklaim sebagai efek anti lipidemia (penurunan kadar lemak darah) serta anti obesitas.

Lantas penelitian yang dilakukan pada manusia, saat menyeduh ekstrak green coffee akan memberikan efek yang bagus, misalnya perbaikan bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi sistolik, obesitas di perut, serta resistensi insulin. Namun ditandai dengan hal penurunan nafsu makan.

Dengan demikian hasil penelitian di atas masih memerlukan pengujian lebih lanjut. Supaya bisa membuktikan manfaat yang kuat bagi kesehatan tubuh manusia.

Efek Samping Yang Ditimbulkan

Walaupun green coffee mampu diklaim sebagai obat menurunkan berat badan, green coffee juga menimbulkan beberapa efek yang harus anda ketahui dari sekarang.

Sama seperti pada jenis kopi umumnya, jenis kopi hijau ini mengandung kafein yang bisa saja membuat anda kesulitan tidur (insomnia), sakit perut, rasa mual dan muntah, gugup, serta laju pernafasan yang kencang. Untuk itu jangan terlalu mengonsumsi secara berlebihan. Proses instant terkadang kurang bagus untuk dilaksanakan.

baca: Efek Meminum Kopi Secara Berlebihan, Bukan Hanya Susah Tidur!

Akan lebih efektif dan aman bila anda mengonsultasikannya langsung kepada dokter dahulu jika ingin mengonsumsi produk green coffee yang dijual dipasaran.

lihat juga: Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Konsumsi Sekarang

Add a Comment