5 Cara Menghindari Informasi Palsu Soal Virus Corona di Internet

5 Cara Menghindari Informasi Palsu Soal Virus Corona di Internet

PrimaBerita – Ditengah pendemi virus corona yang sudah menjadi ketakutakan, sebaiknya kita harus berhati-hati dan bisa menghindari informasi palsu soal covid-19 itu.

Informasi yang palsu atau hoax, dapat menyebabkan kebingungan bahkan menimbulkan rasa takut serta panik yang berlebihan di tengah-tengah masyarakat.

Setiap orang harus memiliki tanggung jawab untuk membantu mengurangi penyebaran informasi yang salah. Caranya adalah dengan memastikan apakah informasi itu benar atau palsu.

Agar Anda tidak terjebak dalam informasi palsu atau hoax soal virus corona, Anda bisa ikuti 5 cara ini untuk menghindari informasi hoax dari internet. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Bersikap Skeptis

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah bersikap skeptis. Informasi yang palsu sering kali mempunyai judul yang bombastis dengan huruf kapital dan tanda seru.

Apabila judulnya kelihatan mengejutkan, bisa jadi berita itu tidak dapat dipercaya. Namun yang bisa Anda lakukan adalah memastikan alamt situs atau URL berita. URL palsu memang sering kali mirip dengan yang asli, dengan memberikan sedikit perubahan. Misalnya menggantikan huruf kapital T dengan yang kecil.

Jika Anda kurang yakin dengan situs tersebut, Anda bisa membuka jendela browser baru dan masuk ke dalam situs yang sebenarnya. Kemudian lihat perbedaanya antara sumberi informasi palsu dengan yang terpercaya.

2. Perhatikan URL dan isi halaman berita

Langkah selanjutnya, Anda harus perhatikan URL dal isi halaman beritanya. Pastikan berita tersbeut ditulis oleh sumber yang dipercaya dan memiliki reputasi yang akurat.

Jika berita tersebut berasal dari sebuah organisasi yang tak dikenal, maka baca dibagian ‘tentang’ di situs web mereka. Selain tulisan, misi informasi palu bisa juga berisikan gambar atau video yang dimanipulasi. Jadi bersikaplah skeptis terhadap informasi dari internet.

3. Periksa sumber informasi

Langkah yang ketiga, Anda harus periksa sumber informasi tersebut. Anda bisa memeriksa sumber informasi penulis untuk menginformasikan keakuratannya. Kurangnya bukti terhadap para ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan kabar berita palsu.

4. Lihat berita lain

Jika Anda melihat berita palsu, Anda bisa memastikannya dengan melihat sumber berita lainnya. Apabila tidak ditemukan adanya sumber lain yang melaporkan hal yang sama bisa dikatakan itu berita palsu.

5. Dapat informasi terkait Covid-19 dari Otoritas Kesehatan Global dan Lokal

Cara aman untuk bisa terhindari dari informasi yang salah, Anda bisa kunjungi situs otoritas kesehatan global dan lokal. Anda bisa kunjungi situs resmi pemerintah untuk COvid-19 di https://www.covid19.go.id/ atau chatbot WhatsApp Covid-19 dari Kominfo di 081133399000.

Anda juga bisa berkunjung ke situs World Healt Organization (WHO) untuk Covid-19 di https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019.

Seperti itulah cara menghindari berita palsu di internet. Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan cara di atas.

Add a Comment