10 Langkah Mudah Melindungi Orang Tua dari Risiko Virus Corona

10 Langkah Mudah Melindungi Orang Tua dari Risiko Virus Corona

PrimaBerita – Di tengah wabah virus corona yang membuat semua orang harus bersiaga, namun terkadang tidak direspon sama orang yang berlanut usia. Untuk itu ada langkah mudah yang bisa dilakukan dalam melindungi orang tua dari risiko Covid-19.

Menurut WHO, orang tua dan orang dengan yang sudah alami derita penyakit lain akan mudah terinfeksi virus corona karena kekebalan tubuh mereka yang lebih rendah. Namun para ilmuan masih memperlajari sampai mana virus Covid-19 itu dapat mempengaruhi kesehatan seseorang.

Maka diperlurkan cara dalam melindungi orang tua agar tidak mudah tertular dari virus corona. Berikut ini 10 langkah muda melindungi orang tua:

1. Memberikan penjelasan yang mudah dipahami

Anda harus menjelaskan kepada orang tua tentang kondisi wabah virus corona atau covid-19 dengan bahasa yang mudah dimengerti. Sehingga orang tua Anda dapat memahami apa itu virus corona, bagaimana bisa tertular, dan bagaimana cara pencegahannya.

Melalui cara itu, para orang tua dapat membentengi diri dari berita hoax sehingga tidak merasa khawatir yang berlebihan.

2. Tidak membuat rencana perjalanan

Jelaskan kepada orang tua untuk tidak berpergian dulu. Mereka harus menghindari keramaian, perkumpulan atau kegiatan sosial, seperti arisan, reuni, rekreasi, mudik, atau pergi belanja. Berpergian keluar rumah dapat meningkatkan kesempatan untuk bertemu orang banyak, sehingga sangat berisiko tertular virus corona.

Jika terpaksa keluar rumah, maka mintalah kepada orang tua untuk menjaga jarak satu meter lebih dengan orang lain, hindari bersalaman, cium pipi, atau berpelukan.

3. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang bergizi, cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat dapat meningkat imunitas tubuh. Seperti mengonsumsi sayuran dan buah, jika perlu minum suplemen multivitamin

4. Motivasi untuk cukup minum

Ingatkan orang tua untuk minum 6-8 gelas per hari, kecuali memiliki penyakit tertentu (seperti jantung, ginjal) yang memerlukan pembatasan asupan cairan.

5. Jaga kebersihan rumah

Bantulah orang tua untuk senantiasa membersihkan rumah dan membuang barang yang tak diperlukan. Jaga kondisi rumah selalu bersih dan nyaman, sirkulasi udara baik, dan sinar matahari yang cukup.

6. Rajin cuci tangan

Beri tahu kepada orang tua untuk sering mencuci tangan dengan air dan sabun setelah memegang barang.

7. Menunda jadwal kontrol

Tunda pemeriksaan kesehatan rutin di rumah sakit, kecuali mengalami kondisi yang parah sehingga mmebutuhkan pemeriksaan dokter. Kemudian pastikan juga untuk tetap mengonsumsi obat-obatan harian.

8. Batasi informasi

Di tengah wabah virus corona ini, sangat banyak informasi atau berita hoax yang bisa mempengaruhi kondisi mental orang tua. Untuk itu, minta kepada orang tua untuk menghindari berita atau broadcast chat yang sumbernya tidak jelas dan membuat kekhawatiran yang berlebihan.

Maka batasilah waktu untuk membaca berita tentang covid-19 baik mellaui koran, TV, ataupun media sosial minamal 1-2 kali dalam sehari dalam satu waktu.

9. Tetap beraktivtas di rumah

Kegiatan yang bisa dilakukan di rumah dengan cara yang menyenangkan seperti olahraga, membaca, berkebun, bermain dengan cucu,  menonton film, menulis, memasak, mendengarkan musik, berdoa untuk menghilangkan kejenuhan atau mengalihkan perhatian dari berita tentang virus corona yang membuat rasa khawatir.

10. Tetap berkomunikasi

Meski di rumah saja, tetaplah untuk selalu berkomunikasi dengan keluarga atau teman yang bisa dilaukan melalui telepon, WhatsApp, atau video call.

Add a Comment