Waspadai ! 7 Ancaman Kesehatan Yang Mengintai Jika Terlalu Gemuk

PrimaBerita – Jika badan terlalu gemuk maka sederet ancaman kesehatan akan mengintai tubuh anda. Terlalu gemuk atau kelebihan berat badan dapat mengundang banyak jenis penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Terlihat sepele, namun dampak dari penyakit yang ditimbulkan karena kelebihan berat badan bisa menyebabkan kematian seperti penyakit jantung, diabetes hingga kanker. Sebaiknya turunkan berat badan anda sebelum penyakit tersebut menyerang.

Berikut 7 Ancaman kesehatan yang mengintai jika badan terlalu gemuk :

1. Diabetes melitus

Perubahan sifat sel hingga menyebabkan hormon insulin rusak dan tak dapat mendeteksi gula di dalam darah. Sehingga akan mengalami diabetes melitus tipe 2 jika kondisi tersebut berulang kali terjadi.

Baca juga : Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar, Sering Tidak Terasa

2. Kanker

Para ahli menduga bahwa sel-sel lemak yang terlalu banyak dapat melepaskan hormon yang memengaruhi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Khususnya sel kanker di payudara, kolon, endometrium, kandung kemih dan ginjal.

3. Tekanan darah tinggi

Ketika ukuran tubuh kian membesar, tekanan darah pun akan meningkat. Hal ini terjadi karena jantung secara otomatis harus memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh.

4. Penyakit jantung

Obesitas memicu terjadinya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan gula darah tinggi di dalam tubuh.

Ketiga kondisi ini menambah beban kerja jantung sehingga jantung harus bekerja lebih keras dan lama kelamaan bisa mengalami kegagalan fungsi.

Baca juga : Pasien Penyakit Kanker Jangan Dilarang Makan Makanan yang Disukai

5. Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah ke bagian otak berhenti sehingga sel-sel otak mati. Pada dasarnya, bahaya obesitas dapat meningkatkan tekanan darah, lama-kelamaan tekanan darah tinggi ini bisa memicu terjadinya pecah pembuluh darah.

Pecahnya pembuluh darah memicu terbentuknya  gumpalan darah yang akan menghalangi pembuluh darah yang membawa darah ke otak.

6. Sleep apnea

Orang yang obesitas menyimpan lemak lebih banyak di bagian leher. Semakin banyaknya lemak ini semakin membuat saluran udara menyempit sehingga orang obesitas lebih sulit bernapas dan lebih mudah mendengkur atau bahkan napas secara singkat berhenti total atau yang dikenal dengan sleep apnea.

Sleep apnea merupakan kondisi saat seseorang memiliki beberapa kali jeda berhenti nafas saat tidur.

Baca juga : Penyebab Rasa Sakit di Belakang Lutut Ini Tidak Boleh disepelekan

7. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah masalah persendian yang menimbulkan rasa sakit dan kaku. Berat badan berlebih dan obesitas bisa memberikan ekstra tekanan pada sendi dan tulang rawan.

Lama kelamaan ini membuat sendi dan tulang rawan melemah sehingga persendian bisa mengalami osteoarthritis. Ditambah lagi, orang yang mengalami obesitas rentan mengalami peradangan. Termasuk, peradangan pada sendi yang bisa menghasilkan osteoarthritis terjadi lebih mudah.

Add a Comment