Tips Sederhana Untuk Menangkal Virus Corona yang Mematikan

PrimaBerita – Virus Corona merupakan virus yang mematikan dan meresahkan banyak orang serta memakan banyak korban jiwa. Namun ada tips sederhana untuk menangkal Virus Corona.

“Jadi sebetulnya untuk menghadapi saat ini (virus Corona) yang sederhana untuk menekan badai sitokin ada yang namanya kurkumin itu terdapat pada jahe, kunyit, temulawak yang buat bumbu masak dan minuman segar itu yang bisa menghambat badai sitokin,” kata Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom, saat berkunjung ke kantor Transmedia di Surabaya, Kamis (6/2/2020).

Menangkal virus Corona dengan menekan atau menghambat badai sitokin dan hal tersebut dapat ditemukan dlam jahe, kunyit, dan temulawak.

Tentang badai sitokin adalah sebuah proses biologis di dalam paru. Hal ini terjadi karena ada infeksi virus Corona yang menempel pada paru.

Nidom pun menyarankan masyarakat tak perlu khawatir. Ia mengusulkan pemerintah melalui holding perusahaan BUMN farmasi bisa mulai mempersiapkan penangkal dalam skala yang lebih besar.

“Bisa dipikirkan vaksin general yang bisa menangkal awal dari satu penyakit. Ini bisa diberikan kepada tentara dan masyarakat yang di daerah tidak terjangkau. Itu kita percayakan kepada Biofarma yang sudah jadi holding company. Jadi dirancang untuk seluruh komponen intelektual di seluruh Indonesia, rancangan vaksin apa, blocker apa,” pungkasnya.

Sekedar informasi, virus Corona adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada  burung mamalia (termasuk manusia).

Koronavirus diklasifikasikan menjadi tiga golongan utama, golongan 1 dan 2 menginfeksi mamalia, mulai dari kelelawar hingga manusia, sedangkan golongan 3 hanya ditemukan pada spesies avian (burung).

Infeksi virus ini dapat menimbulkan gejala penyakit yang bervariasi, mulai dari hampir tidak timbul gejala apa pun hingga gejala yang fatal dan cepat. Infeksi koronavirus dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti bronkitisensefalitisgastroenteritis, dan hepatitis.

Add a Comment