Rutan Kabanjahe terbakar, 410 Tahanan Selamat

Mediasumutku.com | Kabanjahe – Adanya keributan antara warga binaan dengan petugas di Rumah Tahanan Negara (Rutan), aksi tersebut, telah mengakibatkan Rutan mengalami kebakaran dan rusak.

Aktifitas warga Binaan Rutan Kls IIB Kabanjahe, yang awalnya tertib dan langgeng jelang makan siang sekira pukul 11.30 WIB, sontak berubah menjadi panik karena kepulan asap yang membakar hampir di seluruh ruang tahanan dari beberapa titik didalam Rutan tersebut.Rabu (12/02/2020)

Terdata ada 410 warga binaan dalam rutan tersebut berhasil di amankan petugas, dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa.

Untuk mencegah Tahanan kabur, Petugas Rutan langsung meminta bantuan pasukan pengamanan dari Batalyon Infantri 125/ Simbisa sebanyak 200 personel.

Dibantu personel Kodim 0205/ TK, petugas Polres Tanah Karo, Satpol PP, serta Tim Pemadam Kebakaran (Damkar)Tanah Karo, akhirnya seluruh tahanan berhasil diselamatkan dan diamankan.

Dilokasi, situasi sempat mencekam karena kobaran api sempat membesar, belum lagi adanya aksi saling lempar batu didalam lapas, sempat melukai beberapa petugas yang berusaha mengevakuasi dilokasi.

Sempat terjadi insiden perlawanan dari warga Binaan Kls IIB Kabanjahe ditengah -tengah kobaran Api, berupa lemparan batu tersebut belum diketahui penyebabnya hal tersebut.

Menurut petugas jaga, sumber akar permasalahan, Diduga berawal dari adanya pertikaian antara warga Binaan, yang memicu terjadinya kebakaran tersebut.

Add a Comment