Pernah Mengunjungi Hawaii, Pria Jepang Positif Terkena Virus Corona

PrimaBerita – Seorang pria Jepang yang mengunjungi Hawaii pada 28 Januari hingga 7 Februari 2020 lalu dipastikan positif terkena virus corona.

Hal ini diungkapkan oleh pejabat setempat pada Jumat (14/2). Para pejabat kesehatan sedang melacak detail tentang perjalanannya di negara bagian Aloha, termasuk informasi penerbangan dan orang-orang yang dekat dengannya.

Direktur Kesehatan Hawaii Bruce Anderson mengungkapkan bahwa CDC, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memberi peringatan terkait pria ini kepada petugas di Hawaii.

Ketika di Hawaii, dia mengunjungi Maui. Anderson mengatakan, di tempat ini dia belum menunjukkan gejala. Dia pun pergi ke Oahu salah satu pulau terpadat negara bagian. Di Oahu dia mengalami masalah pilek tapi tak demam.

Dia mengalami gejala penyakit yang lebih serius ketika dia kembali ke Jepang. Anderson mengungkapkan bahwa pria Jepang dites dan terbukti positif terkena virus corona Covid-19.

Ahli epidemiologi Sarah Park mengungkapkan bahwa pihak berwenang percaya bahwa pria ini terinfeksi di Jepang atau saat perjalanan ke Hawaii.

Pria yang berasal dari prefektur Aichi, Jepang ini pergi ke Hawaii bersama istrinya. Saat di Oahu mereka menginap di Grand Waikikian by Hilton.

Park mengungkapkan bahwa mereka berkonsentrasi pada keberadaannya sementara di Oahu karena di situlah ia mengembangkan gejala. Jika ada kontak dekat yang diidentifikasi, orang-orang itu akan diisolasi selama 14 hari, kata Anderson.

Jepang memiliki sekitar 250 kasus penyakit baru yang dikonfirmasi yang tampaknya dimulai di Wuhan, sebuah kota di Cina tengah, pada bulan Desember.

Jepang, Kamis, mengumumkan kematian pertama dari virus itu, beberapa jam setelah mengkonfirmasikan 44 kasus lagi di kapal pesiar yang dikarantina di dekat Tokyo karena kekhawatiran akan meningkatnya penyakit yang meluas di negara itu.

Add a Comment