Penemuan Cadangan Emas Meningkatkan Penyerapan Tenaga Kerja

PrimaBerita – Kementerian ESDM menilai penemuan cadangan deposit bijih tembaga-emas Onti di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu, Nusa Tembaga Barat (NTB) akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja setempat lebih banyak.

Sebelumnya, Penemuan cadangan deposit bijih tembaga-emas itu ditemukan oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM). Yang telah melakukan eksplorasi di wilayah Kontrak Kerja (KK) Proyek Hu’u sejak 2010. STM merupakan perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd (80 persen). Anak perusahaan yang 100 persen sahamnya milik Vale SA, dan PT Antam Tbk (20 persen).

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan bahwa. Proyek saat ini memperkerjakan hampir 600 karyawan termasuk kontraktor.

Selanjutnya, STM akan melanjutkan pemboran di dalam dan di sekitar wilayah deposit Onto untuk menentukan batas dan meneruskan kedalaman dari mineralisasi.

Agung mengungkapkan deposit sumber daya mineral Onto pertama kali ditemukan pada Agustus 2013. Dan sejak saat itu sebanyak 64 lubang pemboran (setara dengan 61 ribu meter) telah dilakukan untuk menentukan ukuran, luas dan karakteristik sumber daya mineral.

Berdasarkan perkiraan sumber daya mineral yang dilakukan STM per Desember 2019. Total sumber daya mineral sebanyak 0,76 miliar ton, terdiri dari 0,93 persen tembaga, 0,56 gram/ton (g/t) emas. Dan total sumber daya mineral Tereka sebesar 0,96 miliar ton, masing-masing 0,87 persen tembaga dan 0,44 g/t emas.

Angka tersebut setara dengan total 1,7 miliar ton yang terdiri dari 0,89 persen tembaga dan 0,49 g/t emas. Selain sumber daya mineral di atas, target eksplorasi di sekitar area juga ditetapkan sebesar 0,6-1,7 miliar ton, masing-masing 0,2-0,7 persen tembaga dan 0,1-0,3 g/t emas.

Add a Comment