Pemprov DKI Sebut telah Menyiapkan Solusi untuk Mengatasi Banjir

PrimaBerita – Banjir merendam lagi di sejumlah titik di Jakarta. Pemprov DKI menyebut telah menyiapkan sejumlah solusi untuk mengatasi banjir tersebut.

Menurut Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini, sejumlah wilayah di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan terendam banjir disebabkan adanya kiriman dari hulu.

“Banjir hari ini karena kiriman dari hulu cukup tinggi sampe pintu air Katulampa tinggi muka air 150 cm ( Siaga 2 ) jam 06.00 WIB, 6 jam kemudian sampe ke pintu air Manggarai sehingga lokasi sepanjang kali Ciliwung terkena dampaknya,” kata Juaini saat dihubungi, Kamis (20/2/2020) malam.

Sejumlah wilayah seperti Kampung Melayu, Pancoran, hingga Cawang pada hari kemarin memang terendam banjir. Terkait itu, Juaini menyebut pihaknya memaksimalkan pompa untuk menyedot air.

Juaini mengatakan pihaknya memaksimalkan pompa untuk menyedot air di sejumlah wilayah yang terkena dampak seperti Kampung Melayu, Pancoran hingga Cawang.

Juaini menjelaskan solusi untuk mengatasi banjir dalam jangka panjang harus dikoordinasikan dengan daerah penyangga lainnya. Pembuatan waduk di daerah Hulu, sebutnya, juga harus dipercepat.

Pihak DKI Jakarta, menurutnya juga akan mengeruk beberapa sungai-sungai yang melintasi Jakarta. Pompa -ompa yang ada di seluruh wilayah DKI Jakarta juga akan dicek kembali.

Seperti diketahui sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir usai hujan deras pada Kamis kemarin. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menunjukkan sebanyak 33 RW mengalami banjir di Jakarta dan 223 jiwa mengungsi.

Dalam data tersebut, wilayah Jakarta yang terkena banjir adalah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Genangan paling tinggi terjadi di Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, setinggi 120 cm.

Add a Comment