Menteri BUMN Erick Thohir Membeberkan Alasan Menyentil Telkom

PrimaBerita – Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan alasan dirinya menyentil PT Telkom (persero) Tbk. Erick mengaku bahwa ia tidak bermaksud mendiskreditkan Telkom atau perusahaan lain, tetapi demi memacu perusahaan plat merah itu untuk berinovasi.

“Kemarin saya bicara, bukan, mohon maaf mendiskreditkan Telkom atau beberapa perusahaan BUMN, tapi saya lebih dalam memacu mereka untuk inovasi,” jelasnya, Kamis (20/2).

Sekadar mengingatkan, beberapa waktu lalu Erick menyentil Telkom. Ia menegaskan Telkom tidak bisa bergantung pada pendapatan PT Telkomsel. Saat ini, sebesar 70 persen pendapatan Telkom berasal dari dividen dan laba anak usaha, Telkomsel.

Karenanya, ia berharap Telkom mampu melahirkan model bisnis baru. Apalagi, ia bilang perkembangan teknologi telah melahirkan sebuah disrupsi yang tak dapat dihindari. Erick imgim Telkom berusaha metamorfosis dengan yang sedang terjadi di era digital ini tidak hanya jadi penonton.

Apalagi, kata Erick, Telkom memiliki kekuatan besar dari sisi jaringan dan database. Ia menyatakan database merupakan ‘new oil‘ sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Erick mewanti-wanti agar database tersebut tidak jatuh ke tangan asing. Sebab, database ini dapat dimanfaatkan sebagai daya tahan ekonomi nasional.

“Sayang sekali kalau database atau jaringan ini diambil oleh pihak asing yang mana kita selalu bicarakan database ini adalah new oildata mining ini adalah new business,” tandas Erick.

Add a Comment