Lakukan Hal ini Untuk Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

PrimaBerita – Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga memang cara yang baik untuk menjaga kesehatan, namun sering sekali nyeri otot setelah berolahraga.

Saat berolahraga Anda merasa senang dan tak merasa sakit, namun hal ini disebabkan oleh endorfin yang membuat Anda merasa kuat, sehat, hidap. Namun ketika Anda bangun keesokan paginya, Anda tak bisa turun tangga atau berjalan tanpa mengeluh sakit.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri otot setelah berolahraga

1. Yoga

Jika Anda ingin meredakan nyeri otot, lakukan yoga. Ini adalah metode pemulihan aktif, olahraga ringan dengan resistance minimal. Selain yoga, berjalan santai, berenang, atau bersepeda akan membantu meringankan nyeri otot.

Baca juga : Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Jantung, Lakukan Sejak dini

Studi mengungkapkan bahwa pemulihan aktif adalah strategi yang efektif untuk mengurangi kelelahan otot.

2. Jangan pijat

Anda mungkin merasa pijat setelah olahraga bakal meringankan nyeri otot.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pijatan dapat mengurangi rasa sakit – kemungkinan dengan mengeluarkan beberapa racun di otot – tetapi fungsi otot tidak ditemukan membaik, dan sekali lagi bukti tidak cukup besar untuk menarik kesimpulan.

3. Makanan

Nutrisi adalah hal penting dalam kebugaran. Sebelum, selama, dan setelah latihan tubuh Anda perlu memiliki jumlah energi dan nutrisi yang tepat.

4. Tekanan

Pemakaian legging hingga kaos kaki yang pas tubuh akan membantu mengurangi nyeri otot. Penelitian telah menemukan bahwa menggunakan pakaian kompresi dapat menurunkan nyeri otot selama periode pemulihan – dan membuat Anda kembali ke kekuatan maksimum Anda lebih cepat.

Baca juga : 5 Cemilan Sehat yang Baik Untuk Jantung, Mudah ditemukan

5. Tidur

Alasan sempurna untuk meredakan nyeri otot pascaolahraga adalah tidur. Tidur adalah bagian penting dari pemulihan kebugaran Anda.

Anda harus tidur minimal tujuh jam untuk membantu tubuh pulih dari nyeri otot olahraga paling efektif.

Add a Comment