Drama Lima Gol Hiasi Laga Liverpool vs West Ham

PrimaBerita – Liverpool melakoni matchday ke-27 Liga Inggris musim 2019-2020 dengan menjamu West Ham United di Anfield Stadium, pada Selasa (25/2/2020) dini hari WIB. Tampil menekan, Liverpool pun berhasil menyudahi laga kontra West Ham dengan kemenangan 3-2.

Kemenangan tersebut pun semakin mengukuhkan posisi Liverpool di pucuk klasemen sementara Liga Inggris 2019-2020. The Reds –julukan Liverpool– kini telah berhasil mengoleksi 79 poin dari 27 penampilannya di Liga Inggris musim ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama
Berstatus sebagai tuan rumah, Liverpool langsung menekan pertahanan West Ham di menit-menit awal laga ini. Bahkan Liverpool hampir membuka keunggulan melalui peluang yang didapat Sadio Mane. Namun kans Mane yang memanfaatkan kesalahan Lukasz Fabianski belum membuahkan gol.

Liverpool pun berhasil membuka keunggulan mereka atas West Ham di menit ke-9. Adalah Georginio Wijnaldum yang mencatatkan namanya di papan skor, usai sundulannya yang memanfaatkan umpan silang Trent Alexander-Arnold meluncur deras ke dalam gawang West Ham.

Akan tetapi keunggulan Liverpool hanya bertahan 2 menit saja, lantaran Issa Diop berhasil mencetak gol ke gawang Alisson Becker. Memaksimalkan sepak pojok Robert Snodgrass, Diop lalu menyambutnya dengan sundulan yang tak bisa diamankan dengan baik oleh Alisson.

Gol penyeimbang dari West Ham itu semakin melecut para pemain Liverpool untuk terus bermain menyerang. Alhasil, Liverpool hampir saja kembali unggul atas tamunya, jika sepakan melengkung yang dilepaskan Mohamed Salah tak ditepis oleh Fabianski.

Pada menit ke-30, Liverpool kembali mendapatkan peluang untuk bisa unggul atas West Ham. Kali ini giliran Alexander-Arnold yang hampir mencetak gol. Namun sepakan fullback Timnas Inggris itu masih menyamping di sisi kanan gawang Fabianski.

Di pengujung babak pertama, West Ham Hampir berbalik unggul atas Liverpool. Namun peluang West Ham via aksi Felipe Anderson masih bisa dihentikan barisan belakang Liverpool. Kedudukan 1-1 pun masih menghiasi papan skor laga Liverpool kontra West Ham.

Babak Kedua
Liverpool yang butuh kemenangan untuk bisa mendekatkan peluang mereka menjuarai Liga Inggris 20190-2020 tetap melancarkan gaya bermain menyerang di babak kedua laga kontra West Ham. Namun rapatnya pertahanan West Ham membuat peluang mereka gagal jadi gol.

Pada menit ke-54, West Ham berhasil berbalik unggul atas Liverpool melalui gol yang dicetak oleh Pablo Fornals. Memaksimalkan umpan silang dari Declan Rice, Fornals lalu melepaskan sepakan setengah voli yang tak bisa diamankan oleh Alisson. Liverpool 1-2 West Ham.

Tersentak dengan gol Fornals, Liverpool kian gencar menekan West Ham. Alhasil, sebuah peluang didapat Liverpool untuk bisa menyeimbangkan kedudukan via sundulan Salah. Tapi bola hasil sundulan Salah masih belum tepat sasaran.

Tidak berselang lama, Liverpool kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Melihat ada celah di pertahanan West Ham, Roberto Firmino, lalu melepaskan tembakan. Namun sepakan Firmino masih berhasil ditepis oleh Fabianski.

Liverpool akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-69 melalui sepakan Salah. Winger Timnas Mesir itu berhasil meneruskan umpan dari Andrew Robertson dengan tembakannya, yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Fabianski.

Pada saat laga menyisahkan 9 menit lagi, Liverpool berhasil berbalik unggul atas West Ham melalui gol yang dicetak oleh Sadio Mane. Meneruskan umpan dari Alexander-Arnold, Mane lalu melepaskan sepakan first time yang meluncur ke dalam gawang West Ham.

Liverpool sejatinya berhasil mencetak gol keempat mereka ke gawang West Ham melalui aksi dari Mane di menit ke-85. Namun gol tersebut harus dianulir wasit, lantaran Mane sudah lebih dahulu berada di posisi offside.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kubu tuan rumah, Liverpool, berhasil menyudahi pertandingan melawan tamunya, West Ham, dengan kemenangan 3-2.

Susunan Pemain:
Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (Alex Oxlade-Chamberlain 58’), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (Joel Matip 90’).

Pelatih: Jurgen Klopp

West Ham United (4-1-4-1): Lukasz Fabianski; Jeremy Ngakia, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Declan Rice; Robert Snodgrass (Jarrod Bowen 84’), Tomas Soucek (Pablo Fornals 49), Mark Noble; Felipe Anderson (Sebastien Haller 65’); Michail Antonio.

Pelatih: David Moyes

Add a Comment