Bayi Cegukan? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Awanbabyclothing โ€“ Jika bayi sedang mengalami cegukan tenu para bunda akan merasa khawatir dan mulai panik jika cegukannya berkepanjangan. Bunda bisa mengatasi cegukan pada bayi dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Pada bayi, umumnya cegukan disebabkan oleh makan yang terlalu banyak atau terlalu cepat, serta menelan banyak udara. Selain itu, cegukan juga bisa diakibatkan oleh perubahan suhu di dalam perut.

Lihat juga : 3 Tips Menghilangkan Milia pada Bayi

Berikut langkah yang perlu bunda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi :

  • Gendong Si Kecil dalam keadaan tegak selama kurang lebih 20 menit. Kemudian goyang badannya perlahan atau gosok dadanya dengan lembut.
  • Ketika menyusui usahakan untuk memiringkan botol dengan sudut 45 derajat sehingga udara naik ke bagian bawah botol. Susui bayi perlahan atau sedikit saja, namun usahakan dalam porsi yang cukup sering.
  • Pangku Si Kecil dalam posisi tegak saat memberinya makan. Hal ini akan mencegah/mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam perut.

Lihat juga : Penyebab Paling Umum Bayi Sembelit

Tetap pangku atau gendong Si Kecil dalam posisi tegak selama 20 menit setelah menyusui, agar udara naik ke atas perut dan mengurangi tekanan pada diagfragma sehingga Si Kecil bisa bersendawa.

Bila cegukan masih terjadi meski bunda telah mencoba beberapa cara di atas, cobalah untuk memberikannya makan. Jika Si Kecil sudah biasa minum air, maka biarkan ia minum. Tindakan menelan diharapkan dapat membantu mengendalikan diagfragmanya.

Add a Comment