8 Museum Dunia Menyimpan Barang Peninggalan Sejarah Milik Indonesia

PrimaBerita – Museum merupakan tempat untuk menyimpan barang – barang sejarah yang mampu membuka tabir masa lalu dimana peradaban umat manusia pada saat itu. Museum Dunia ada banyak sekali jenisnya, apalagi di dunia ini dimana setiap negara pasti memiliki ragam museum yang bermacam – macam jenisnya.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai 8 museum dunia yang menyimpan tentang sejarah Indonesia, dimana memang terdapat rangkaian koleksi yang mampu membuat siapapun terbelalak.

Museum of Crystal

Gus Khustalny merupakan salah satu kota di negara Rusia. Di kota Gus Khustalny ini terdapat museum yang diberi nama Museum of Crystal yang mana memiliki koleksi yang menceritakan tentang Indonesia.

Ada sekitar 300 jenis benda – benda seni dan budaya Indonesia yang dipamerkan di museum ini. Mulai dari ukiran kayu, topeng, patung garuda, patung komodo, keris, kaligrafi, pakaian daerah, hingga peta dan foto – foto tentang peradaban tradisional bangsa Indonesia

Museum Fur Volkerkunde

Yang terkenal dari museum ini adalah koleksi keris milik Pangeran Diponegoro, yaitu Keris Kyai Omyang. Keris ini diyakini memiliki kekuatan supranatural sehingga keris ini menjadi salah satu barang koleksi berharga dari museum ini.

Selain itu koleksi alat musik berupa gamelan Jawa juga dimiliki oleh museum ini dimana dipamerkan secara langsung tentang sejarah alat musik tersebut hingga cara

Metropolitan Museum of Art

Koleksinya juga memuat tentang peninggalan bangsa Indonesia, terutama koleksi tentang barang seni peninggalan peradaban kerajaan Majapahit yang memang dimiliki oleh pihak museum.

Koleksi barang peninggalan kerajaan Majapahit tersebut berupa patung perunggu berupa hewan babi yang merupakan lambang kemakmuran dari peradaban kerajaan Majapahit pada jaman dahulu. Piring kuno, dan juga pedati perunggu yang merupakan peninggalan peradaban kerajaan Majapahit juga.

Museo de Musica Etnica de Barranda

Museum ini merupakan museum yang mengumpulkan berbagai macam alat musik etnik dari seluruh penjuru dunia. Koleksi museum ini yang menceritakan tentang Indonesia adalah alat musik gamelan, kentongan, angklung, dan sasando.

Rangkaian alat musik gamelan Jawa yang berupa gendang, gong, centhe, dan lain – lain komplit dipamerkan di museum ini yang tertata dengan rapi. Kentongan yang merupakan alat komunikasi tradisional bangsa Indonesia juga dipertontonkan di museum ini.

Alat musik angklung dari Jawa Barat juga menjadi bagian salah satu koleksi yang sering menarik perhatian pengunjung di museum ini

National Museet

National Museet atau Museum Nasional Denmark ini berada di negara Denmark.

Koleksi tersebut berupa rangkaian benda – benda etnografi peradaban Aceh, antara lain bendera Aceh resmi yang diperkirakan ada pada tahun 1850 sampai dengan 1900. Koleksi barang berupa barang antik sebanyak 140 buah yang dikumpulkan dari para pedagang, ahli antropologi, dan juga para penjelajah. Peninggalan peradaban Aceh berupa perisai perang dan juga selendang yang mampu menjelaskan peradaban masyarakat Aceh pada masa itu.

Missionarry Ethnological Museum

Museum yang diberi nama Missionarry Ethnological Museum ini dimiliki oleh Gereja Vatikan di negara Vatikan, dimana memuat berbagai macam barang – barang etnologi para misionaris yang bekerja untuk Gereja Vatikan.

Koleksi yang berasal dari Indonesia antara lain replika relief Candi Borobudur, patung Tri Murti dewa agama Hindu di Indonesia. Al – Qur’an mini yang berasal dari abad ke – 19. Kayu salib yang berukiran etnik buatan suku Asmat, koleksi wayang Jawa. Dan juga patung Budha yang berasal dari peradaban Indonesia di masa lalu.

Muse Du Quai Branly

Koleksi yang menceritakan tentang Indonesia di museum ini berupa kain sarung dari Jawa Timur, pakaian adat suku Asmat di Papua. Patung batu dari Lombok, ukiran kayu dari Maluku, hingga perhiasan kuno dari penjuru nusantara yang dikumpulkan oleh pihak museum ini.

Tropen Museum

Tropen Museum adalah sebuah museum antropologi yang berada di kota Amsterdam di negara Belanda. Ketika bangsa Belanda menjajah Indonesia, banyak sekali barang – barang khas masyarakat Indonesia. Yang diambil dan menjadi bagian dari koleksi Tropen Museum ini.

 

Add a Comment