5 Cara Menagih Hutang kepada Teman dengan Tepat

PrimaBerita – Membantu teman yang memerlukan bantuan merupakan hal yang mulia. Jika teman ingin meminjam uang kepada anda jangan segan untuk menagih hutang yang telah anda pinjamkan kepada teman anda.

Namun jangan sampai hal ini membuat masalah baru buat Anda kedepannya. Hutang yang kembali tentu jauh lebih baik daripada tidak kembali.

Berikut 5 Cara menagih hutang kepada teman dengan tepat :

1. Berterus Terang dengan Alasan yang Tepat

Cara ini merupakan cara yang terlembut secara psikologi. Singkat dan berterus terang. Bila dengan mengatakan kejujuran ini hutang Anda dibayar berarti Anda termasuk orang yang beruntung. Karena cara ini seringkali tidak berhasil maka perlu ditambah lagi dengan trik-trik yang lain.

2. Gunakan Ego

Disini Anda perlu untuk mempermainkan rasa ego dan harga diri si penghutang. Anda bisa mengatakan kepada dia kalau dia merupakan orang yang adil dan orang yang selalu berusaha bertindak benar. Buat agar si penghutang merasa Anda begitu kagum dengannya.

Lalu setelah beberapa jam Anda memujinya Anda tagih hutangnya. Dengan tidak membayar hutangnya maka dia harus mempertanyakan lagi konsep dirinya sendiri. Dia juga akan takut rasa kagum kita padanya akan hilang.

3. Pancing Gengsinya

Pancing rasa gengsi dengan seolah-olah melibatkan orang lain ke masalah hutang ini. Anda coba ceritakan kepada penghutang bahwa ada beberapa orang yang Anda kenal mengatakan bahwa “kalau dia ngehutang jangan harap lagi uangnya akan balik, semoga aja kamu tidak seperti itu ya”.

Atau dapat juga saat berkumpul dengan penghutang dan teman-teman Anda meminta saran dari teman-teman Anda tentang cara menagih hutang yang bagus. Ini akan memancing gengsinya dan akhirnya dia membayar hutangnya.

4.Kerjain Balik

Waktu gajian teman Anda tetap tidak membayar hutang? Anda harus mengambil langkah tegas. Misalnya, saat makan siang mintalah teman Anda untuk membayar dulu tagihannya, saat teman Anda menagih uang makanan tadi, katakan bahwa dia juga masih punya hutang padamu.

5. Berani Menolak

Saat teman Anda belum mengembalikan uang Anda tapi masih berani meminjam uang Anda lagi, lebih baik Anda menolaknya.

Hindari meminjamkan uang pada teman Anda lagi sampai dia mengembalikan uang Anda terlebih dahulu.

 

Add a Comment