Penyebab dan Cara Mengobati Kram Pada Kaki Saat Berenang

PrimaBerita – Kram pada kaki saat berenang merupakan hal yang umum terjadi, mulai dari atlet hingga otang biasa. Dan faktor penyebab pun bisa beragam. Sebelum mengetahui cara mengatasi kram kaki saat berenang, ada baiknya untuk memahami apa terlebih dulu untuk mengetahui akar permasalahannya.

Mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda menghindari kaki kram saat berenang.

Berikut Penyebab kram pada kaki saat berenang

Kurang pemanasan pada kaki

Salah satu penyebab kaki kram yang paling umum adalah kurang pemanasan. Tak hanya berenang, hampir semua jenis olahraga yang dilakukan tanpa atau kurang pemanasan akan mengakibatkan kram kaki.

Pada saat Anda berenang, otot-otot kaki membentuk garis kaku dari betis hingga jari-jari Anda untuk memaksimalkan pergerakan kaki dan mendapat kecepatan.

Akan tetapi, kekakuan tersebut bisa berubah menjadi kram akibat otot kaki kurang lentur karena tidak melakukan pemanasan.

Otot yang sudah melakukan pemanasan biasanya menjadi lebih lentur, sehingga akan lebih kuat ketika melakukan gerakan yang keras mengentak, seperti berenang.

Oleh karena itu, lakukanlah pemanasan secukupnya agar otot Anda lebih siap untuk melakukan gerakan-gerakan renang.

Kekurangan elektrolit

Seperti yang dilansir dari Medline Plus, elektrolit merupakan mineral yang ada di dalam tubuh Anda. Senyawa ini dapat ditemukan pada darah, urine, jaringan, dan cairan tubuh lainnya.

Elektrolit berguna untuk mendukung seluruh sistem tubuh Anda, seperti aktivitas otak, otot, dan saraf.

Jika elektrolit di dalam tubuh tidak seimbang, hal tersebut dapat menyebabkan kram otot, terutama pada bagian kaki.

Pada saat Anda berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat. Cairan ini tentu harus diisi ulang agar elektrolit di dalam tubuh tetap seimbang.

Bila Anda kurang minum saat berolahraga, seperti saat berenang, tubuh Anda akan kekurangan elektrolit dan kaki Anda berisiko kram.

Cara mengatasi kram kaki saat berenang

Pada dasarnya, kunci mengatasi kaki yang kram ketika Anda tengah berenang adalah dengan tidak panik. Setelah itu, berusahalah untuk keluar dari kolam secepat yang Anda bisa. Jika dirasa tidak mungkin, Anda dapat meminta bantuan pada orang lain.

Setelah berhasil meredakan kepanikan Anda, cobalah mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi kaki kram saat Anda berenang.

  • Menggunakan metode survival float bila masih berada di air, yaitu teknik mengambang agar tidak perlu menggerakkan otot kaki.
  • Meregangkan jari-jari kaki ke arah langit atau dagu.
  • Mengistirahatkan kaki setelah berada di luar kolam
  • Memutar pergelangan kaki agar rasa kram cepat hilang
  • Mengompres pergelangan kaki dengan kompres hangat lalu menggantinya dengan kompres es.

Untuk mencegah kaki kram saat berenang, Anda bisa melakukan pemanasan yang cukup dan banyak minum untuk menghindari kekurangan elektrolit dan dehidrasi.

Jika Anda terus merasakan hal ini walau sudah melakukan pemanasan dan minum yang cukup, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi yang tepat.

Add a Comment