Nasir Djamil Menanggapi Permasalahan Yasonna Laoly Terkait….

Primaberita – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS Nasir Djamil tak melihat ada konflik kepentingan antara jabatan Menkum HAM dan politisi PDIP bagi Yasonna Laoly. Menurut dia, jabatan menteri dan kader parpol memang melekat.

“Kalau menurut saya dalam pandangan saya seharusnya tidak boleh ada conflict of interest dan saya tidak melihat ada conflict of interest di dalam posisi Yasonna,” kata Nasir di Gedung DPR

Sorotan

Yasonna menjadi sorotan gara-gara simpang siur keberadaan Harun Masiku. Awalnya Imigrasi dan Yasonna menyebut Harun berada di luar negeri sejak 6 Januari. Namun belakangan diralat, Harun sudah berada di Indonesia pada 7 Januari.

 

Nasir mengatakan, saat ini bukan hanya Yasonna saja Menteri yang sekaligus kader partai. Dalam kabinet Jokowi saat ini ada sejumlah Menteri bahkan merupakan ketua umum Partai.

 

Status sebagai kader partai, kata dia, seharusnya tidak menggangu tugas sebagai Menteri. Profesionalisme, lanjut Nasir, harus dijunjung tinggi.

 

“Bukan Yasonna Laoly saja (kader partai yang jadi menteri). Ada Airlangga Hartarto juga sebagai Ketua. Jadi menurut saya, itu dikembalikan kepada institusi masing-masing baik Kemenkum HAM, yang punya tupoksi jelas, kemudian juga parpol yang punya kader dan KPK sendiri yang sedang memberantas korupsi,” urainya.

“Jadi profesionalisme lembaga Kementerian, profesionalisme lembaga penegak hukum, seperti KPK, itulah yang hari ini harus dipertontonkan kepada masyarakat,” tegas dia.

Dia pun tak mau menduga-duga bahwa posisi Yasonna sebagai di Kemenkum HAM menghambat upaya pemberantasan korupsi yang dijalankan KPK dalam kasus Harun Masiku yang menjerat mantan Anggota KPU, Wahyu Setiawan.

“Saya tidak bisa melihat seolah-olah sebab seolah-olah itu, bisa iya bisa enggak. Kalau saya sih enggak, saya tidak melihat bahwa ada kebingungan, kegamangan artinya karena kan masalah penegakan hukum sendiri kenapa penegak hukum risau langsung saja artinya bekerja saja secara profesional independensi dijaga,” tandasnya.

 

Add a Comment