Migrain Sering Kambuh? Cegah dengan 5 Makanan Sehat Ini

PrimaBerita – Migrain yang selalu kambuh pasti akan mengganggu aktivitas. Perlu anda ketahui bahwa migrain bisa di cegah dengan makan makanan sehat. Migrain yaitu rasa sakit di kepala dibagian tertentu atau sakit kepala sebelah.

Mulailah mengonsumsi makanan yang segar dan tanpa proses cenderung tidak mengandung penyedap seperti monosodium glutamat (MSG). Pasalnya, penyedap rasa termasuk bahan yang dapat memicu migrain pada sebagian orang.

Berikut 5 makanan sehat yang bisa cegah migrain

1. Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran berdaun hijau gelap sangat kaya akan nutrisi. Bayam, kale, selada, dan brokoli termasuk sayuran sehat yang bisa Anda konsumsi untuk dapat mencegah migrain.

Bayam misalnya kaya akan vitamin B2, B6 dan juga omega 3 yang telah terbukti dapat mengurangi migrain. Vitamin B2 atau riboflavin telah terbukti efektif mengurangi frekuensi dan juga durasi sakit kepala termasuk migrain.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan membantu mencegah sakit kepala termasuk migrain. Dikutip dari Prevention, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengidap migrain dan sakit kepala cluster cenderung memiliki kadar magnesium yang lebih rendah di dalam tubuhnya.

Namun, frekuensi serangan migrain seseorang berkurang sebesar 41 persen setelah mengonsumsi suplemen magnesium. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi produk kacang dan biji-bijian yang kaya magnesium seperti biji wijen, biji bunga matahari, kacang almond, kacang mete, dan kacang tanah.

3. Daging merah

Daging merah adalah jenis daging yang memiliki warna merah akibat pigmen yang terkandung di dalam hewan tersebut seperti sapi, kambing, dan juga kerbau.

Daging merah kaya akan CoQ10, senyawa alami dalam tubuh Anda, serta vitamin B2. CoQ10 atau koenzim 10 adalah antioksidan yang dibutuhkan dalam pengembangan sel manusia.

4. Telur

Telur menjadi salah satu sumber makanan yang kaya nutrisi. Salah satu zat gizi yang terkandung di dalam telur ialah vitamin B, termasuk vitamin B2. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya vitamin B2 sangat efektif membantu mengurangi frekuensi sakit kepala, intensitas, dan juga durasi.

5. Biji-bijian utuh

Tahukah Anda biji-bijian utuh adalah salah satu obat sakit kepala yang mungkin tidak pernah Anda duga. Biji-bijian utuh adalah jenis biji-bijian yang belum mengalami proses pengolahan atau penggilingan.

Sehingga,  masih mengandung seluruh bagian dari biji itu sendiri. Oleh karena itu, kandungan nutrisinya pun masih lengkap seperti serat, vitamin B, zat besi, tembaga, selenium, kalium, dan magnesium

Add a Comment