Manfaat Menakjubkan dari Buah Kersen Bagi Kesehatan

PrimaBerita – Buah kersen sering disepelekan padahal buah ini memiliki manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan. Buah kersen sangat mudah ditemukan di Indonesia karena pohonnya gampang tumbuh.

Buah kersen atau talok ini sering disebut sebagai buah ceri versi Indonesia. Buah kersen berukuran kecil dan berwarna merah cerah apabila sudah matang. Buah ini memiliki citarasa manis.

Berikut manfaat menakjubkan dari buah kersen bagi kesehatan

1.Sumber Antioksidan

Tubuh mengalami yang namanya proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh kerap membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Nah, kamu kamu bisa mengonsumsi buah kersen sebagai salah satu sumber antioksidan. Pasalnya, buah kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau buah kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.

Baca juga : Manfaat 5 Kulit Buah dan Sayur, Jangan dibuang dulu

2.Menjaga Kesehatan Jantung

Pada daun dan buah kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah kersen ini memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung yang sehat. Nah, jika aliran darah menuju jantung kamu tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi rasa sakit asam Urat

Manfaat buah kersen lainnya adalah bisa mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Ya, penderita asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakit ini, kamu bisa mengonsumsi secara rutin buah kersen.

Tidak hanya buah kersennya saja, daunnya juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyerinya. Caranya, rebus daun kersen dengan air selama beberapa menit. Kemudian dinginkan dan sari airnya. Setelah itu minum air tersebut secara rutin setiap hari. Niscaya asam urat dapat kembali normal.

4. Anti Tumor

Tidak hanya buah kersen, ternyata daun kersen juga memiliki efek anti-tumor. Perpaduan daun dan buah kersen ini ternyata mempunyai sifat anti-tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan antioksidan di dalam buah kersen yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor.

Antioksidan ini berasal dari vitamin A, vitamin C, dan betakaroten di dalamnya. Sedangkan kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen dikethaui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika mengonsumsinya secara teratur, maka sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Baca juga : 5 Manfaat Tidak Terduga dari Mengonsumsi Buah Tomat

5. Mengontrol Gula Darah

Buah kersen memiliki rasa yang manis. Tetapi buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Pada sebuah penelitian juga sudah menemukan dan menjelaskan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah mengonsumsi ekstrak buah kersen.

Hal ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

Add a Comment