Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan, Bisa Melawan Diabetes

PrimaBerita – Selain buahnya yang mengandung banyak nutrisi, daun pepaya juga memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Mulai dari sebagai penam,bah nafsu makan hingga melawan diabetes.

Buah Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan.

berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan

1. Sebagai penambah nafsu makan 

Salah satu manfaat daun pepaya untuk kesehatan adalah membantu mengatasi masalah anak yang susah makan. Tumbuk daun pepaya kemudian disaring, ambil airnya. Air inilah yang dapat digunakan sebagai obat penambah nafsu makan anak.

2. Melancarkan ASI 

Bagi ibu yang sedang menyusui, manfaat daun pepaya yang dapat diperoleh yaitu membantu melancarkan ASI. Caranya adalah menggunakan lima lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, kemudian tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.

3. Memperkuat tulang dan gigi 

Dengan kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah sayur daun pepaya yang dapat disajikan dengan berbagai sajian.

4. Mengobati nyeri haid

Sebagian perempuan mengalami nyeri perut saat dan menjelang haid. Kandungan daun pepaya dapat meredakannya. Gunakan satu lembar daun pepaya mentah, air, asam jawa, dan garam, rebus hingga matang. Minumlah air rebusan tersebut.

5. Menghilangkan jerawat

Tumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah di jemur sebelumnya. Campurakan air hangat pada tumbukan tersebut, kemudian oleskan pada muka yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun pepaya bergizi karena mengandung nutrisi yang kuat dan penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentengi tubuh terhadap penyakit, kuman, dan infeksi. Daun pepaya menjaga penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Mengatasi tekanan darah tinggi 

Sebagai penurun darah tinggi dapat digunakan rebusan lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan gula tau madu sebagai pemanis.

8. Mencegah penyakit kanker 

Pada batang daun pepaya mengandung getah putih seperti susu (white milky latex). Liquid inilah yang yang berpeluang dikembangkan sebagai zat antikanker. Hasil penelitian ini dikutip oleh Journal Society of Biology. Getah ini pun secara otomatis akan ikut terkonsumsi ketika memakan daun pepaya dalam bentuk apa pun.

9. Membantu pertumbuhan rambut

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang berikutnya adalah melimpahnya kandungan phytochemical yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Zat inilah yang mampu mencegah masalah rambut seperti kulit kepala gatal, kebotakan, penipisan rambut, dan rambut patah.

10. Melawan diabetes

Penderita diabetes juga dapat merasakan manfaat daun pepaya, yaitu dalam meningkatkan sensitivitas glukosa; mengurangi kadar gula yang tinggi dan mengurangi biomarker yang berhubungan dengan diabetes tipe II.

Sumber antioksidan yang melimpah dapat mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah; yang juga dapat mengurangi kerusakan bahwa diabetes dapat menyebabkan kerusakan organ, kerusakan saraf, luka dan sebagainya. Ini mempercepat penyembuhan luka pada pasien diabetes dan mencegah stres oksidatif.

Add a Comment