Hindari 6 Makanan Ini Saat Sedang Diare, Bisa semakin Buruk

PrimaBerita – Saat anda sedang mengalami diare hindari makanan yang bisa memperburuk keadaan. Yang anda rasakan saat diare adalah mulas, diikuti dorongan kuat buang air.

Penyebab diare ada bermacam-macam, tapi yang paling sering terjadi adalah kebiasaan buruk yang kita lakukan. Contohnya, makan makanan yang tidak bersih atau kebiasaan tidak pernah mencuci tangan.

Berikut Makanan yang perlu anda hindari saat diare menyerang

1. Hindari produk susu

Produk susu dapat memicu diare Anda semakin buruk. Sandra Quezada, M.D., asisten profesor di University of Maryland, seperti dilansir WebMD, menyarankan bila Anda mengalami diare kronis, hentikan semua konsumsi produk susu agar diare Anda terkendali.

Baca juga : Beragam Obat Alami Untuk Mengatasi diare dengan Cepat

2. Makanan berserat tinggi

Serat sangat baik bagi tubuh dan harus selalu ada dalam menu makanan Anda. Namun, Dr. Kussin menyarankan sebaiknya Anda membatasi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan gandum utuh, karena akan sulit dicerna saat Anda sedang diare.

3. Gluten

Selain membatasi serat, Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gluten, protein yang terkandung dalam produk-produk olahan gandum seperti tepung terigu.

Biasanya orang-orang yang harus menghindari gluten adalah penderita penyakit celiac. Dr. Sandra mengatakan, meskipun Anda tidak menderita penyakit celiac, Anda akan merasa lebih baik bila tetap menghindari gluten, terutama saat Anda sedang diare.

4. Makanan berminyak dan berlemak

Douglas A. Drossman, M.D., profesor dari University of North Carolina, mengatakan makanan berminyak dan berlemak dapat menegangkan otot perut, sehingga menyebabkan diare makin parah.

“Makanan-makanan ini dapat memperlambat pengosongan lambung, yang membuat orang merasa kembung,” tegas Douglas.

Baca juga : Tanda-Tanda Sistem Pencernaan Anda Sehat Dan Normal

5. Alkohol dan kafein

Baik alkohol maupun kafein, keduanya dapat menyebabkan Anda mencret. Jika Anda terbiasa minum kopi di pagi atau malam hari, sebaiknya berhenti untuk sementara waktu agar tidak memperburuk diare.

6. Obat yang menghentikan diare

Kalau Anda ingin minum obat, carilah obat yang fungsinya membantu pengeluaran virus. Jangan gunakan obat anti-diare yang menghentikan frekuensi buang air besar.

Add a Comment