7 Cara bisa Dilakukan untuk Melebatkan Rambut Bayi

PrimaBerita – Tidak heran jika banyak orang tua melakukan berbagai cara untuk melebatkan rambut pada bayi mereka. Karena memiliki bayi dengan rambut sehat dan lebat menjadi dambaan orang tua.

Kekhawatiran orang tua umumnya muncul saat anak memiliki rambut yang tipis dan sering rontok. Pertumbuhan rambut bayi sangat penting bagi orang tua.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk melebatkan rambut bayi, seperti berikut.

1. Pijat dengan minyak

Gerakan memijat bisa memicu sirkulasi darah dan membuat rambut bayi tumbuh lebih cepat. Gunakan minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba untuk hasil terbaik.

Atau, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa (virgin coconut oil). Kandungan vitamin B, C, E, dan zat besi di dalamnya membuat rambut tumbuh sehat dan mencegah kerontokan. Setelah dipijat dengan minyak, cuci rambut bayi dengan sampo.

Baca juga : Keuntungan Asupan Pepaya Pada Bayi, Tidak Terduga

2. Masker lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa memperoleh manfaat lidah buaya.

Aplikasikan gel lidah buaya pada kulit kepala bayi dan diamkan sebagai masker. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bilas dan cuci rambut bayi seperti biasa.

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu mengatur pH rambut bayi.

3. Sisir rambut

Menyisir rambut bisa menjadi stimulan yang membantu memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala bayi. Sisir dengan lembut hingga rambut bayi bisa tumbuh sehat dan lebat.

Memotong ujung rambut (trimming) bayi secara teratur juga penting untuk membuatnya tampil rapi.

4. Teratur cuci rambut

Meski tak aktivitas padat yang dilakoni, rambut bayi tetap menyimpan debu, kotoran, dan keringat. Cuci rambut bayi secara teratur sebanyak dua atau tiga kali sehari.

5. Cuci rambut dengan cuka apel

Tak ada salahnya memanfaatkan cuka apel. Cuka apel dapat membuat rambut bayi terhindar dari infeksi kulit dan semakin lebat.

Campur cuka apel dengan air, kemudian usapkan pada kulit kepala. Diamkan selama 5 menit lalu cuci rambut bayi.

Baca juga : Bayi tidak boleh diberi Madu? Apa alasannya?

6. Asupan sayuran hijau

Sisipkan sayuran hijau pada menu makanan pendamping ASI (MPASI). Sayuran hijau banyak mengandung zat besi yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah rambut patah, dan melebatkan rambut bayi.

Selain sayuran hijau, Anda juga bisa memperoleh zat besi dari asupan kacang-kacangan, labu, kuning telur, ikan, dan daging merah.

7. Gunakan handuk lembut

Melebatkan rambut bayi tak hanya menyoal pilihan produk perawatan, tapi juga alat yang digunakan untuk perawatan.

Pastikan rambut bayi dikeringkan dengan handuk yang lembut demi mencegah kerusakan folikel dan melindunginya dari kerontokan. Cara ini dapat membantu melebatkan rambut bayi.

Add a Comment