5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Bulanan Kecil

PrimaBerita – Mengatur keuangan pribadi dengan bijak merupakan pilihan yang paling tepat terlebih bagi anda yang gaji bulanan kecil, banyak orang mengeluh karena jumlah gaji yang diterima setiap bulannya habis. Bahkan tidak tertutupi harus meminjam kesana kemari.

Mereka beralasan dengan gaji kecilnya itu tidak bisa mencukupi banyaknya keperluan atau kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebenarnya, gaji yang kecil pun bisa saja cukup untuk memenuhi semua kebutuhan selama sebulan. Asalkan, orang tersebut menerapkan pengelolaan keuangan yang telah direncanakan sejak awal, sehingga gaji bisa digunakan dengan bijak.

Berikut 5 cara mengatur Keuangan pribadi dengan gaji bulanan yang kecil

1. Membuat Rencana Pengeluaran

Mmebuat rencana pengeluaransangat efektif untuk menjaga agar gaji tidak habis begitu saja. Usahakan agar jumlah pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan. Tentukan mana yang menjadi prioritas kebutuhan lalu saat menerima gaji langsung ditabung. Hal ini bisa menjadikan anda lebih hemat dan bisa menabung. Catat setiap pengeluaran yang dilakukan setiap hari.

Baca juga  : Ini 6 Tips dan Cara Mendapatkan Angpao Saat Imlek

2. Hemat Tapi Tidak Pelit

Jika ada keperluan yang harus dibeli atau dipenuhi, sebaiknya jangan ditunda atau dikurangi. Salah satu contohnya mengurangi jatah makan atau kualitas makanan. Melakukan ini justru bisa berdampak buruk pada tubuh. Pada akhirnya, jika Anda sakit, pengeluaran untuk biaya berobat justru akan lebih besar.

Berhemat dengan mencari diskon untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah, membeli dalam jumlah banyak supaya mendapatkan potongan harga, membuat sesuatu yang bisa dikerjakan sendiri, dan sebagainya. Dengan demikian, kebutuhan tetap terpenuhi, hanya saja dengan cara yang berbeda.

3. Membeli Barang Bekas yang Masih Bisa Digunakan

Untuk memastikan gaji yang tidak seberapa tersebut dapat mencukupi seluruh kebutuhan bulanan, cara lainnya adalah dengan memilih membeli barang-barang bekas daripada barang-barang baru. Faktanya, harga barang bekas lebih murah daripada barang baru. Singkirkanlah rasa gengsi dan rendah diri karena hal ini.

Jika pandai memilih, ada banyak barang bekas yang dapat digunakan karena kualitasnya memang masih bagus. Bahkan, ada juga barang bekas yang bermerek, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Menggunakan barang bekas bukan lagi masalah besar bagi sebagian orang, asal fungsinya masih bagus.

4. Cerdas Memilah Kebutuhan dan Keinginan

Keinginan kadang kala terlihat seperti kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, jika dicermati kembali, keinginan dan kebutuhan memiliki perbedaan standar, yaitu perlu tidaknya benda tersebut dibeli.

Sebuah keinginan biasanya tidak terlalu mendesak dan masih bisa ditunda. Jika tidak dilakukan pun tidak akan memberi dampak terlalu besar. Keinginan biasanya menyangkut hal-hal yang bersifat hiburan. Sementara itu, kebutuhan merupakan sesuatu yang bersifat wajib dan tidak boleh tidak dilakukan. Jika Anda memiliki gaji pas-pasan, dahulukanlah kebutuhan, baru beli keinginan.

Baca juga : Titah Menggelikkan Keraton Agung Sejagat, Mulai Setor Uang Hingga…

5. Hiduplah Sederhana

Salah satu teladan hidup sederhana yang merupakan orang kaya adalah Mark Zuckenberg. Banyak orang merasa heran dengan kehidupan pendiri media sosial Facebook ini karena penampilannya yang apa adanya. Zuckenberg sehari-hari sering tampil dalam balutan kaos dengan paduan yang biasa-biasa saja.

Selain dalam hal penampilan, Mark juga lebih memilih untuk tinggal di sebuah tempat sewaan yang sederhana daripada membeli rumah yang mewah. Bersama istri dan anaknya, mereka menjalani hidup yang bersahaja. Kesederhanaan juga terlihat dari kendaraan yang digunakannya dan pola kehidupannya sehari-hari.

Add a Comment