Vitamin untuk Memperlambat Penuaan

Prima Berita – Komponen terpenting dalam vitamin yang berguna untuk memperlambat penuaan adalah antioksidan. Antioksidan diketahui bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas dari kerusakan sel di dalam tubuh dan kulit. Radikal bebas adalah hasil dari proses di dalam tubuh.

Berikut adalah vitamin-vitamin yang dapat mempengaruhi kecepatan penuaan.

1.      Vitamin A

Vitamin A membantu mengatasi penuaan dengan beberapa cara. Yang paling utama adalah dengan kandungan antioksidan yang dapat menetralisir efek dari oksidasi akibat radikal bebas. Cairan topikal dengan vitamin A (seperti krim retinol) juga sudah terlihat kegunaannya dalam mengurangi kerusakan akibat terpapar cahaya matahari dan penuaan kulit dengan cara berfungsi sebagai pengelupas kulit mati dan mengurangi garis kerut-kerut. Vitamin A juga dapat mengurangi lingkar hitam pada mata.

2.      Vitamin B

Niacin, salah satu komponen di vitamin B (terutama B3), memiliki beberapa komponen yang dapat membantu memperlambat penuaan. Salah satu caranya adalah dengan membantu kulit meningkatkan kemampuan untuk meregulasi kelembapan pada kulit. Kulit yang lembap atau tidak kering bukan saja terlihat lebih sehat, tetapi juga membantu kulit dengan memberikan kulit yang kuat dan membantu menyerang virus, bakteri, atau mikroba lain. Kulit yang kering akan menimbulkan efek seperti kulit sensitif, gatal-gatal, dan terlihat bersisik. Selain membantu kelembapan kulit, niacin juga dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

3.      Vitamin K

Vitamin K memiliki kemampuan untuk merapatkan kapiler-kapiler di sekitar mata dan menghancurkan gumpalan-gumpalan darah. Vitamin ini tidak benar-benar akan menghilangkan seluruh lingkar mata, akan tetapi mendapat vitamin K yang cukup dapat membantu mengurangi lingkar mata. Vitamin K seperti suplemen, multivitamin, bayam, kol, brokoli, dan kangkung dapat dikonsumsi.

4.      Vitamin C

Vitamin C adalah sumber dari antioksidan, yang seperti sudah dijelaskan dapat membantu memperlambat penuaan. Bukan hanya menghasilkan antioksidan, vitamin C juga dapat membantu “mengaktifkan” antioksidan lain di dalam tubuh, seperti dari vitamin E. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu peremajaan kulit agar tidak keriput dengan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah elemen di kulit yang bertanggung jawab akan bentuk dan kekuatan kulit. Selain itu, kolagen juga penting dalam penyembuhan luka. Vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayur, seperti jeruk, mangga, kentang, dan lain sebagainya.

5.      Vitamin E

Vitamin E (alpha tocopherol) adalah komponen yang larut dalam lemak, yang dapat membantu memperbaiki kulit kering. Vitamin ini dapat membantu meregulasi kelembapan kulit dan kadang terdapat dalam sunscreen untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Vitamin E juga merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat penuaan. Vitamin E bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayur hijau, minyak dari bunga matahari, gandum, dan minuman berbasis susu.

Baca juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

 

Add a Comment