Tips untuk Make-Up yang Awet untuk Kulit Berminyak

Prima Berita – Memiliki kulit berminyak bukan merupakan keinginan setiap orang, namun apa daya jika memiliki kulit berminyak. Memiliki jenis kulit berminyak memang menjadi halangan untuk berdandan. Produksi minyak yang berlebih membuat riasan jadi tidak tahan lama dan gampang luntur. Meskipun begitu, kalian tetap bisa tampil cantik dengan makeup kok! Simak 8 tips makeup untuk si kulit berminyak.

Cuci wajah sampai bersih

Kulit berminyak sangat rentan dengan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Apabila kotoran tidak dibersihkan, riasan wajah tidak akan maksimal, dan bahkan tak jarang malah akan menimbulkan masalah jerawat. Gunakan pembersih wajah yang setidaknya memiliki kandungan 2% asam salisilat. Asam salisilat akan mengurangi kadar minyak pada kulit, tapi tidak akan membuat kulit menjadi kering.

Rutin pakai masker

Sekali atau dua kali seminggu, gunakanlah masker perawatan kulit yang terbuat dari kaolin atau bentonite clay untuk mengatasi kelebihan minyak pada wajah. Pasalnya kandungan kaolin atau bentonite clay secara alami mampu menyerap minyak dan menenangkan kulit akibat iritasi.

Gunakan pelembab berbentuk serum

Gunakan pelembab yang bertekstur ringan seperti serum. Pelembap dalam bentuk serum bisa melembapkan kulit tanpa harus membuatnya terlihat berminyak.

Gunakan produk make up yang bebas minyak

Produk makeup yang bebas minyak tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak berisiko menimbulkan jerawat atau komedo. Selain menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, gunakan juga pembersih dan toner yang mengandung asam glikolat yang juga bisa mengurangi kelebihan minyak.

Gunakan primer

Dengan menggunakan pimer, daerah yang berminyak seperti Zona T (dahi, hidung, dan dagu) tidak akan terlihat mengkilap dan akan membuat riasan menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Jangan lupa untuk menggunakan produk makeup yang berlabel oil-free atau bebas minyak mulai dari primer, foundation, bedak, blush on ataupun makeup lainnya.

Gunakan primer khusus kelopak mata

Emily Kate Warren, seorang make-up artist dari Los Angeles, justru menganjurkan untuk menghindari penggunaan concealer pada area kelopak mata. Sebaliknya, gunakan primer yang dirancang khusus untuk mata supaya eye-shadow bisa menempel dengan sempurna dan mampu menyerap minyak di area kelopak mata.

Jangan terlalu banyak menggunakan bedak tabur

Terlalu banyak menggunakan bedak justru akan membuat pori-pori memproduksi minyak lebih banyak. Gunakan jenis bedak yang memiliki formula matte translucent sehingga bisa menahan produksi minyak untuk semua warna kulit.

Gunakan kertas minyak

Selalu siapkan kertas minyak, karena kertas minyak mampu menyerap minyak yang ada di wajah. Trik untuk menggunakan kertas minyak tanpa menghapus makeup adalah dengan menekan kertas pada area yang berminyak saja, bukan menggosok-gosok kertas minyak pada kulit wajah.

Baca juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

 

Add a Comment