Loading...
Editor Choice Kesehatan

Penyebab Tingginya Kadar Kolesterol

Prima Berita – Penyebab Kolesterol Tinggi |Kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai penyakitnya orang tua atau orang gemuk. Padahal, anak muda dan orang bertubuh kurus juga bisa punya kadar kolesterol di atas batas normal. Kolesterol adalah zat lilin mirip lemak yang berwarna putih. Kolesterol tersebar di seluruh sel tubuh. Tubuh manusia sebenarnya memproduksi sendiri persediaan kolesterolnya di hati (liver). Namun, sebagian besar asupan kolesterol yang kita dapat berasal dari makanan sehari-hari.

Sebenarnya penting sekali untuk mengetahui apa saja penyebab kolesterol naik, mengetahui seberapa besar risiko, dan sekaligus menghindari risiko komplikasi di kemudian hari. Ini nih penyebab tingginya kadar kolesterol kalian. Check it out guys!

Usia

Semakin tua umur kadar kolesterol jahat cenderung semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang semakin menurun. Jadi tidak heran jika kebanyakan orang lanjut usia memiliki kolesterol LDL lebih tinggi daripada anak-anak muda. Umumnya, kadar LDL akan mulai meningkat setelah kalian menginjak usia 20 tahun.

Loading...

Makanan sehari-hari

Makanan di resto fast food yang sering kalian beli saat terjepit waktu bisa jadi penyebab kolesterol terus tinggi. Fast food atau junk food seperti keripik kentang kemasan umumnya tinggi kalori, garam, gula, lemak jenuh, dan lemak trans.

Malas gerak

Kebiasaan malas gerak atau minim aktivitas fisik adalah penyebab kalian berpeluang besar mengalami kolesterol tinggi. Apalagi jika kalian juga tidak memerhatikan makanan yang dimakan setiap harinya. Sebab, tumpukan lemak yang terbiarkan akan terus mengendap dalam pembuluh dan dibakar hanya lewat olahraga.

Berat badan berlebih

Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang mengakibatkan kenaikan kolesterol. Kelebihan berat badan itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan yang buruk hingga malas olahraga. Mulai sekarang, berusahalah untuk menjaga berat badan yang ideal supaya kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh stabil.

Merokok dan alkohol

Perokok aktif dan pasif sama-sama berisiko tinggi mengalami penyumbatan pembuluh darah arteri yang bisa mengakibatkan berbagai masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Selain merokok, hentikan juga kebiasaan minum alcohol karena alkohol bisa jadi penyebab kolesterol LDL dan trigiliserida naik tajam.