Pemerintah kembali Buka Seleksi CPNS tahun 2020?

Prima berita-Pemerintah kembali buka seleksi cpns 2020 jika kuota tahun ini belum mencukupi. Hali ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PARB) Tjahjo Kumolo.

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah berakhir pada 10 Desember 2019 lalu. Berdasarkan data per hari Senin(09/12/2019), tercatat sudah 5 juta orang yang teleh membuat akun danlebih dari 4 juta orang yang telah menyelesaikan pendaftarannya. Kendati proses seleksi CPNS 2019 belum tuntas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan rekrutmen CPNS akan kembali digelar pada 2020.

Dari seleksi tahun lalu, kata Tjahjo, masih ada formasi di daerah yang kosong karena banyak peserta yang tak lolos seleksi. Hal itu tak lepas dari ambang batas nilai atau passing grade yang dianggap terlalu tinggi. Sementara kebutuhan untuk pengisian formasi itu terbilang cukup mendesak. “Tahun kemarin banyak daerah yang tidak lulus semua. Ada juga mungkin yang kenapa minatnya kecil? Kan sekarang banyak yang diminta jurusan IT,” katanya. Untuk CPNS 2020, akan memprioritaskan formasi-formasi tertentu seperti tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Selain itu, formasi-formasi yang tidak diminati pada CPNS 2019 akan kembali dibuka pada tahun depan.

Namun saat ini pihaknya masih fokus menyelesaikan seleksi cpns 2019. Nantinya seleksi CPNS 2020 akan tetap diprioritaskan bagi tenaga guru, kesehatan, dan tenaga penyuluh. “Kita utamakan untuk tenaga guru, kesehatan, penyuluh. Nanti kalau yang ini sudah, kita buka lagi,” ucapnya. “Kemungkinan besar akan dibuka lagi penerimaan CPNS tahun 2020, karena kan ada juga beberapa kementerian dan pemda yang menunda penerimaan CPNS untuk tahun ini,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Andi Rahardian.

Add a Comment